PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP ANAK USIA DINI DI TK LELY KECAMATAN MEDAN TEMBUNG KOTA MEDAN

Adryo Octova

Abstract


Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah diharapkannya anak usia dini akan memiliki berbagai kecakapan yang dapat ia terapkan dalam menyongsong kehidupannya di masa yang akan datang. Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berupa anak usia dini TK Lely. Pengumpulan informasi yang dilakukan oleh peneliti melalui wawancara dan mengamati kegiatan di TK Lely. Penelitian ini dilaksanakan pada hari jumat tanggal 16 desember 2022 di TK Lely kelas B1 yang terletak di Kecamatan Medan tembung, Kota Medan. Hasil penelitian terdapat bahwa Masa usia dini merupakan masa yang sangat menentukan pembentukan kecakapan hidup seorang anak, sehingga diperlukan upaya untuk memotivasi, membimbing, mendidik dan pemberian kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan anak. Oleh karena itu, pada masa usia dini perlu dilakukan upaya pendidikan yang bersifat holistik atau keseluruhan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di TK Lely diperolah hasil bahwa di TK Lely menerapkan pendidikan kecakapan hidup yang memungkinkan anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab, mandiri, dan mampu bersosialisasi dengan baik.

Keywords


anak usia dini, pendidikan kecakapan, perkembangan anak

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Nomor 146. Jakarta.

Dharlinda, Suri. 2022. Pengembangan Kecakapan Hidup untuk Anak Usia Dini. Surabaya:

Pustaka Aksara.

Fadjar, A, Malik. 2003. Pendidikan Kecakapan Hidup Sebagai Upaya Memajukan Kehidupan Bangsa. Jakarta: Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Ali, M., & Munastiwi, E. (2021). Kreativitas Guru dalam Mengajarkan Kecakapan Hidup pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan

Guru Raudhatul Athfal, 9(1), 35-52.

Widayati, T. (2013). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Simulasi Kecakapan Hidup. Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 85-93.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i1.46967

Article Metrics

Abstract view : 92 times
PDF - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.