SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Zamiatun Jiwa Praja, Alit Rahmat, Carsiwan Carsiwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model Cooperative Learning terhadap pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review, dimana hasil pencarian ditemukan sebanyak 177 jurnal dari tahun 2014 sampai 2023 yang diseleksi secara bertahap dan sistematis juga menyeleksi dari 4 tipe model cooperative learning yaitu Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT) ,Cooperative Learning Tipe Team Game Tournament (TGT).Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD),Cooperative Learning Tipe Group Investigation yang tesaring menjadi 12 jurnal yang relevan dengan topik yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah menengah atas atau kejuruan memberikan pengaruh yang positif bagi peserta didik, baik dalam segi kognitif ,afektif maupun psikomotorik peserta didik.


Keywords


Model Cooperative Learning, Pendidikan Jasmani, Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

References


Aji, B. S., & Winarno, M. E. 2016. (n.d.). DAFTAR RUJUKAN Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463. http://journal.um.ac.id/index.p.

Akhmad. 2016. (n.d.). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Darmawan, M., Hidayat, Y., & Juliantine, T. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Melalui Pembelajaran Bulutangkis. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(1), 172–184. https://doi.org/10.31571/jpo.v11i1.3933

Dedy Pradipta, Tarsyad Nugraha, I. K. (2019). Studi Eksperimen Tentang Model Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bulutangkis Servis Pendek Backhand Pada Siswa Sma Nurul Hasanah. Jurnal Pedagogi Olahraga, 5(1), 12–21.

Faozi, F., Sanusi, H., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Di SMA Islam Al-Fardiyatussa’adah Citepus Palabuhanratu. Physical Activity Journal, 1(1), 51. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2001

Hambali, S. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(2), 167. https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1172

Hasbillah, M., Ikadarny, I., Suparman, S., Nurafiati, S., Asri, A., Karim, A., & Herman, H. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Permainan Sepakbola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 15. https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.9314

Hasbillah, M., & Suparman, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing dalam Permainan Sepak Bola melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Siswa SMP Negeri 1 Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jendela Olahraga, 6(1), 113–120. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6957

Idris, M. (2017). Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Siswa Smp. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(1), 41–50.

Ilmiah, J., & Jasmani, P. (2018). KINESTETIK : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2 (2) 2018 ISSN:2477-331X. 2(2).

Iskandar, I., Cahyadi, A., Sari, S., & Sabransyah, M. (2021). Pengembangn Model Penanganan Cedera Olahraga Sprain Ankle Pada Olahraga Sepaktakraw di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga, 10(1), 57–66. https://doi.org/10.31571/jpo.v10i1.2361

Issn, J. S. (2016). 653-Article Text-1900-1-10-20170420. 2(1), 13–35.

Kemendikbud,2022. (n.d.). Kemendikbud,2022.

Latifah, L., & Ritonga, I. (2020). (n.d.). Systematic Literature Review (SLR): Kompetensi Sumber Insani Bagi Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Daya. Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 63–80. https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2763.

Muammar Afif Marpaung, Imran Akhmad, R. D. PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMP AR-RAHMAN PERCUT. Jurnal Pedagogik Olahraga.

Nugroho & Rahman, 2013. (n.d.). Pembelajaran pada model cooverative.

Pendidikan, J., Kesehatan, J., Rekreasi, D., Ilmu, F., & Sosial, P. (2020). Journal of Sport Coaching and Physical Education Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (Tgt) Dan Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Sepak Bola (Dribbling) Pada SiswaKelas Xi Smk Hkti 2 Banjarnegara Faiz Panuntun 1. 5(1), 19–23. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe

Reid, A. 2013. (n.d.). Physical Education, Cognition and Agency. Educational Philosophy and Theory, 45(9), 921– 933. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.785357.

Sappaile, B. I., Ahmad, Z., Putu, I., Dharma Hita, A., Razali, G., Lokita, R. D., Dewi, P., & Punggeti, R. N. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif: Apakah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik? Journal on Education, 6(1), 6261–6269. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3830

Sriyatin, S., Sucipto, A., & Sulikan, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Sdn Sambigede 03 Sumberpucung Malang. JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 1(2), 80–91. https://doi.org/10.33503/jpjok.v1i2.169

Susila, G. H. A., Setiawan, G. H., & Artha, I. K. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Berlandasan Tat Twam Asi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. Jurnal Penjakora, 6(1), 1. https://doi.org/10.23887/penjakora.v6i1.17345

To, E., The, I., Outcomes, L., Thing, O. F., Using, S., Cooperative, T. H. E., & Model, L. (2023). Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga TANGKAP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EFFORTS TO INCREASE THE LEARNING OUTCOMES OF THING AND CATCHING Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin. 6, 136–142.

UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003. (n.d.). Sistem Pendidikan Nasional.

Yasir Hidayat, , I Nyoman Kanca, & I Ketut Semarayasa. (2022). Model Pembelajaran Koperatif Tipe Number Head Together Berbantuan Media Video Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Dribling Sepakbola. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(1), 38–44. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i1.1890

Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). (n.d.). Systematic reviews in educational research: Methodology, perspectives and application (p. 161). Springer Nature.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.53302

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.