EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING MODEL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Deiza Alfasina, Alit Rahmat, Carsiwan Carsiwan

Abstract


Tujuan dari studi literatur sistematis ini adalah untuk meninjau literatur ilmiah tentang penelitian efektivitas model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan jasmani: tinjauan literatur sistematis. Penelitian ini menggunakan aplikasi Harzing's Publish or Perish untuk membangun database khususnya Google Scholar dalam rentang waktu 4 tahun terakhir digunakan untuk memilih artikel yang memuat informasi tentang efektivitas model pembelajaran berbasis proyek pada pendidikan jasmani di Indonesia. Untuk melakukan pencarian jurnal digunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis yang dilanjutkan dengan proses penyaringan dan ekstraksi data menggunakan diagram alir PRISMA untuk mengidentifikasi artikel. Dari 200 artikel yang diunduh, 11 artikel final lolos proses penyaringan inklusi dan eksklusi berdasarkan kriteria yang ditentukan dan akan dianalisis. Artikel review menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek (PBL) sangat efektif dalam pembelajaran Pendidikan jasmani dan memiliki banyak manfaat, antara lain menjadikan pembelajaran lebih relevan, mengembangkan keterampilan sosial, meningkatkan motivasi siswa dan mendorong pembelajaran aktif.


Keywords


Efektivitas Pembelajaran, Project Based Learning, Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Systematic Literature Review

Full Text:

PDF

References


Achmed Zoki, & Rahayu Prasetiyo. (2023). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 146–150. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.313

Ahwan, M. T. R., & Basuki, S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning ( PjBL ) SMA Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 9(1), 106–119.

Aji, K., & Rahayu, E. T. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Aktivitas Pengembangan Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2023(6), 263–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.7781785

Aldi Firman Pangestu, E. T. R. (2023). Efektifitas Project Based Learning Model Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kedisiplinan Siswa Pada Pembelajaran Bola Voli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 2808–2813.

Bagaskara, S. D. (2022). Keefektifan Antara Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning Dalam Pembelajaran Teknik Dasar Smash Bulutangkis Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA N 2 Pemalang. 02(02), 387–392.

Barbara Kitchenham. (2014). Procedures for Performing Systematic Reviews. Keele University Technical Report, 33(2004), 1–26.

Boleng, L. M., Johannes, M., & Louk, H. (2022). Merdeka Belajar PJOK dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Penjaskesrek FKIP Universitas Nusa Cendana, 1(1), 1–12.

Hartini Sampetondok, J. B. P. (2023). MODEL PROJECT BASED LEARNING : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENAM IRAMA. 1, 223–227.

Hidayah1, A. A. F., Adawiyah2, R. Al, & Mahanani3, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19: Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.177

I Gusti Made, S., I Putu, P. A., & I Gede, S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Permainan Bola Besar (Sepak Bola-Teknik Dasar Passing). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(3), 546–553. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i3.52232

jusnaedi anas, wisnu hari. (2015). SURVEI TINGKAT KEMAJUAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMA, SMK, DAN MA NEGERI SE-KABUPATEN GRESIK. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Larassary, A., & Wulandari, S. (2022). Optimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan model project-based learning dengan media Instagram pada masa new-normal. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i1.149

Mashud. (2015). Pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Era abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–114.

Mawarti, S. (2009). Permainan Bolavoli Mini Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(2), 67–72.

Olaf Zawacki-Richter · Michael Kerres · Svenja Bedenlier · Melissa Bond ·, & Buntins, K. (2020). Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education. https://doi.org/10.2307/j.ctt14jxsqg.4

Prasetyo, G. B., & Basuki, B. (2022). Optimalisasi pembelajaran senam melalui project based learning selama tatap muka terbatas. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 11(2), 331–339. https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.18233

PUTRI, U. H. (2019). Ummul Hanifah Putri (18002028).

Rohmawati, A. (2015). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI, 3(2), 203–218. https://doi.org/10.1177/003755007200300206

Safitri, R., Alnedral, Gusril, Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 7, 1–23.

Selis, S., Artamevia, T., Ramdani, T., & ... (2023). Efektivitas Project Based Learning Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Permainan Bola Basket Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal …, 5, 1118–1122. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11120

Utami, S. N., Gustiawati, R., & Purbangkara, T. (2022). Model Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Porkes, 5(2), 442–450. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6121

Zaeriyah, S. (2022a). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291

Zaeriyah, S. (2022b). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106–111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.53885

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.