FEAR OF NEGATIVE EVALUATION (FNE) DALAM PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 10 BANDUNG

Ninit Widianti, Yudy Hendrayana, Asep Sumpena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Fear of Negative Evaluation (FNE) dalam Pendidikan Jasmani terhadap Hasil Belajar di SMAN 10 Bandung. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif menggunakan desain Penelitian Survei dengan penyebaran Angket melalui Google From yang dilakukan secara langsng. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas 10,11 SMAN 10 Bandung, sedangkan yang menjadi sampel yaitu siswa SMAN 10 Bandung berjumlah 99 siswa. Tehnik pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Brief Fear of Negative Evaluation Scale Leary (1983). Analisis data yang diginakan dalam penelitian ini yaitu uji Validitas dari 12 item pertanyaan memiliki nilai r hitung > 0,195 maka dinyatakan valid, lalu menggunakan uji Realibilitas dari 12 item pertanyaan memiliki nilai 0,802 > 0,195 maka dinyatakan reliabel, selanjutnya menggunakan uji Normalitas dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,200 > 0,05 maka dinyatakan normal, kemudian uji Homogenitas dengan nilai Sig.0,581 > 0,05 maka dinyatakan homogen, dan uji Paired Sample T-Test dengan nilai sig.(2-tailed) 1,000 > 0,05 maka tidak dapat pengaruh yang signifikan antara Fear of negative Evaluation (FNE) terhadap hasil belajar. Dapat disimpilkan hasil dari penelitian ini yaitu siswa dan siswi SMAN 10 Bandung tidak takut akan adanya evaluasi sehingga siswa tidak perduli terhadap hasil belajar.


Keywords


Fear Of Negative Evaluation, Hasil Belajar, Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Alim Peranginangin. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL MODEL KONVENSIONAL Model. 3, 43–50.

Arif Maollana Basari. (2015). PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI.

Bucher, C. A. dalam Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Corrêa, K., Gouvêa, G. R., da Silva, M. A. V., Possobon, R. de F., Barbosa, L. F. de L. N., Pereira, A. C., Miranda, L. G., & Cortellazzi, K. L. (2017). Qualidade de vida e características dos pacientes diabéticos. Ciencia e Saude Coletiva, 22(3), 921–930. https://doi.org/10.1590/1413-81232017223.24452015

Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 30–33.

Guerrero J. M., & Ramos, P. (2015). Mind Mapping for Reading and Understanding Scientific Literature. International Journal of Current Advanced Research, 4(11), 485–487. https://doi.org/10.1002/da

Muhimmatul Farihah. (2017). Muhimmatul Farihah. 14(1), 62–76.

Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984

Omear Hamalik. (2007). Omear Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2007), Hlm 30 2Dimyati Dan Mudjiono, Belajar Dan Pembalajaran, (Jakarta: Rineka Cipta Tahun2009), Hlm 200 1. 15–49.

Putri, H. T. (2020). Covid 19 dan Harga Saham Perbankan di Indonesia. Eksis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 6. https://doi.org/10.33087/eksis.v11i1.178

Ridgers, N. D., Fazey, D. M. A., & Fairclough, S. J. (2007). Perceptions of athletic competence and fear of negative evaluation during physical education. British Journal of Educational Psychology, 77(2), 339–349. https://doi.org/10.1348/026151006X128909

Sagar, S. S., & Lavallee, D. (2010). The developmental origins of fear of failure in adolescent athletes: Examining parental practices. Psychology of Sport and Exercise, 11(3), 177–187. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2010.01.004

Sumiati. (2018). implementasi turnamen dalam permainan boyboyan materi “greeting, taking leave, thanking and apologizing” untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP. SMP Negeri 2 Merbabu Matarama, 36(2), 167–175. https://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/download/2195/1128

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2016). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Jurnal Bina Gogik, 3(1), 35–42. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/26

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Widodo, A. (2018). Agung Widodo; Dosen PJKR FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi 53. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, IX(1), 53–60.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v9i2.53904

Article Metrics

Abstract view : 56 times
PDF - 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.