ANALISIS KECEPATAN TEKNIK TENDANGAN DHOLYO CHAGI TAEKWONDO PADA ATLET JUNIOR DI KOTA BANJARBARU

Muhammad Riyadh Firdaus, Akhmad Amirudin, Ramadhan Arifin

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecepatan tendangan dholyo chagi, maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan adalah survei eksperimen, yaitu melakukan pengujian berdasarkan jaringan instrumen pengukur kecepatan tendangan dholyo chagi. Populasi penelitian hanya atlet taekwondo kota banjarbaru yang berjumlah 15 atlet yang terdiri dari 7 putra dan 8 putri. Dari information hasil penelitian diatas, diperoleh bahwa kecepatan tendangan dholyo chagi atlet taekwondo jumior di kota banjarbaru masuk pada kategori baik sekali dengan persentase 20% dengan jumlah sampel 15 orang, sedangkan 9 sampel lainnya masuk pada kategori baik dengan persentase sebanyak 60%, dan ada juga 3 orang masuk pada kategori cukup dengan presentase 20%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kecepatan tendangan dholyo chagi atlet muda taekwondo sangat baik, baik dan cukup baik. Namun saat menyerang lawan, seringkali tidak membuahkan hasil karena langkah kaki atlet junior asal Kota Banjarbaru tidak sesuai dengan sasaran lawannya. Agar serangan tidak terhalang, stabil dan kuat, diperlukan kecepatan. Tingkat kecepatan tendangan tertinggi pada atlet taekwondo adalah tendangan dholyo chagi dengan kaki kanan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka peneliti dapat mengambil implikasi atlet menumbuhkan rasa peningkatan kualitas diri dengan mengikuti latihan yang dijalaninya, khususnya latihan yang berkaitan dengan kecepatan pukulan. Mendorong pelatih untuk meningkatkan teknik dan melatih kecepatan tendangan agar mencapai hasil yang optimal.


Keywords


Kecepatan, Tendangan dholyo chagi, junior, kota banjarbaru

Full Text:

PDF

References


ALGOFAR, AGRIL ACHMAD. PENGARUH LATIHAN BEBAN LEG EXTENSION TERHADAP KECEPATAN TENDANGAN DOLLYO CHAGI DALAM CABANG OLAHRAGA TAEKWONDO. 2023. PhD Thesis. Universitas Siliwangi.

MAULANA, Firman, et al. HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KECEPATAN DALAM TENDANGAN DOLLYO CHAGI PADA ATLIT TAEKWONDO KOTA SABANG. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2020, 1.1.

PRANANTA, IGNAC; SANTIKA, IGPNA. Hubungan Koordinasi Mata Kaki dan Power Otot Tungkai Terhadap Tendangan Momtong Dollyo Chagi. Jurnal Porkes: Jurnal Pendidikan Olahraga Kesehatan Dan Rekreasi, 2022, 5.1: 1-11.

KHARISMA, Ifan; SUBAGIO, Irmantara. Analisis Frekuensi Dan Power Tendangan Atlet Taekwondo Puslatda Jawa Timur. Jurnal Prestasi Olahraga, 2021, 4.5: 105-112.

SUTOPO, Wisnu Guntur, et al. Analisis Kecepatan Tendangan Sabit Pada Pesilat Remaja Perguruan Pencak Silat Tri Guna Sakti Di Kabupaten Kebumen Tahun 2020. JUMORA: Jurnal Moderasi Olahraga, 2021, 1.01: 27-34.

HIDAYAT, Hanif Alfian; SUBAGIO, Irmantara. ANALISIS BUTIR TES FISIK ATLET TAEKWONDO PUSLATDA JAWA TIMUR. Jurnal Prestasi Olahraga, 2019, 2.2.

ANGGORO, Turas Rio. PENGARUH LATIHAN PEMBEBANAN TERHADAP POWER TUNGKAI ATLET TAEKWONDO JUNIOR DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2016 (STUDI EKSPERIMEN PERIODISASI PRA KOMPETISI). Pend. Kepelatihan Olahraga-S1, 2016, 1.3.

ARIANSYAH, Arisman; INSANISTYO, Bayu; SUGIYANTO, Sugiyanto. Hubungan Keseimbangan Dan Power Otot Tungkai Terhadap Kemampuan Tendangan Dolly Chagi Pada Atlet Ukm (Unit Kegiatan Mahasiswa) Taekwondo Universitas Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2017, 1.2: 111-116.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.56387

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.