PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN TEKNIK DASAR PUKULAN KARATE BERBASIS APLIKASI SISWA EKSTRAKURIKULER SMAN 11 MEDAN

Marianti Br.Lumban Raja, Samsuddin Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan teknik dasar pukulan karate berbasis aplikasi pada siswa ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 langkah, yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba lapangan awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, revisi produk akhir, dan diseminasi dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model latihan teknik dasar pukulan karate berbasis aplikasi yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa ekstrakurikuler karate di SMA Negeri 11 Medan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji coba lapangan yang menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Model latihan teknik dasar pukulan karate berbasis aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu:a)Mudah digunakan dan dipahami oleh siswa, b) Dapat digunakan secara mandiri oleh siswa, c)Menarik dan interaktif, d) Mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Model latihan teknik dasar pukulan karate berbasis aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran karate yang efektif dan efisien. Model ini juga dapat digunakan oleh masyarakat umum yang ingin mempelajari teknik dasar pukulan karate.

Keywords


Model latihan, Pukulan karate, Aplikasi

Full Text:

PDF

References


Hariyanto, E., & Cahyaningsih, D. F. (2022). PENGEMBANGAN BAHAN LATIHAN TEKNIK DASAR KARATE MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK KARATEKA PEMULA. Pendidikan Jasmani Indonesia. Ismayani. (2018). Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan Thunkable. Elex Media Komputindo. Mahfud, I., Yuliandra, R., & Gumantan, A. (2020). Model Latihan Dribling Sepakbola Untuk Pemula Usia Sma. Sport Science and Education Journal, 1(2), 1–9. Nurjanah, T. (2019). Model-Model Pembelajaran Ilmu Fara’idh. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 225.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.60307

Article Metrics

Abstract view : 8 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.