ANALISIS TINGKAT PASSING DAN CONTROL PEMAIN FUTSAL DI EKSTRAKURIKULER SMPN 9 HARUAI

Fiqri Ansarullah, Ramadhan Arifin, Akhmad Amirudin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan passing dan kontrol pemain futsal pada kegiatan ekstrakurikuler di SMPN 9 Haruai. Metodologi penelitian kuantitatif deskriptif digunakan, dan tes serta observasi digunakan untuk memperoleh data. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Passing and Stopping Futsal”. Kesepuluh pemain futsal SMPN 9 Haruai dijadikan sampel dalam penelitian ini. Perolehan pengkajian menunjukkan, pemain futsal SMPN 9 Haruai mempunyai tingkat passing dan penguasaan baik dalam kegiatan ekstrakurikuler. Hal tersebut tampak dari perolehan tes passing menunjukkan, 4 pemain 40% dinyatakan memiliki tingkat keberhasilan yang “Baik”, 3 pemain 30% tingkat keberhasilannya “Cukup”, 2 pemain 20% memiliki tingkat keberhasilan “Kurang Baik”, 1 pemain 10% tingkat keberhasilannya “Sangat Kurang Baik”. Sementara itu, perolehan maksimum (paling banyak) sejumlah 76 perolehan minimum (paling sedikit) 44 dan rata-rata perolehan sebesar 62,6, yang berada dalam interval 58 < X < 67. , jadi secara total tingkat keberhasilan passing dan control masuk dalam kategori “baik”, Selaras dengan perolehan pengkajian, simpulannya ialah perlu dilakukan pembinaan yang lebih intensif untuk meningkatkan tingkat passing dan control pemain futsal di ekstrakurikuler SMPN 9 Haruai. Pembinaan tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan frekuensi dan kualitas latihan, serta memberikan materi latihan yang lebih terstruktur dan sistematis.

Keywords


Futsal, Tes Passing Dan Control, Ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Fahrizqi, E.B (2018). Hubungan Panjang Tungkai, Power Tungkai Dan Koodrinasi Mata-Kaki Dengan Kemampuan Passing Pada Pemain Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga Futsal Perguruan Tinggi Teknokrat. Journal Of Sport, 2(1), 32-42.

Ginting, S.S (2019). Analisis Kemampuan Teknik Control, Heading Dan Passing Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 118-124.

Istighfar, A (2020). Peningkatan Kemampuan Passing Bola Melalui Latihan Kucing-Kucingan Pada Ekstrakurikuler Futsal Di Madrasah Aliyah Negeri ! Jombang, Jurnal Stand Sports and Development 1(1), 56-62.

Isyamahendra, M.M (2022). Analisis Passing Dan Control Pada Tim Bintang Timur Surabaya VS SKN Kebumen. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(01), 35-42.

Narlan, A., Dicky, T.J., & Haikal, M (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwangi, 3(2), 241-247.

Noviana, G., Kanca, I. N., & Darmawan, G.E.B (2014). Metode Pelatihan Taktis Passing Berpasangan Statis Dan Passing Sambil Bergerak Terhadap Keterrampilan Teknik Dasar Passing Control Bola Futsal. E-Journal PKO, 1(2), 1-13.

Rohman, A., Bambang, I. & M.Mury, S (2021). Survei Teknik Dasar Passing Kaki Bagian Dalam Peserta Ekstrakurikuler Futsal SMK Pamor Cikampek. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 357-366.

Sutiana, Y.W., Febi, K., Citra, R., & Qorry, A.G (2020). Tingkat Keterampilan Dasar Futsal Pada Ekstrakurikuler Futsal Nihayatul Amal Purwasari. Journal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 124-130.




DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v10i01.60340

Article Metrics

Abstract view : 7 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pedagogik Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pedagogik Olahraga

Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.