IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR

Authors

  • Afwan Al Afghani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dian Budiana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Wildan Alfia Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.64819

Abstract

Motivasi dan hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut ditujukan untuk menjadi acuan dalam keberhasilan sebuah pembelajaran dan bisa mencari evaluasi jika ada kekurangan dalam proses pembelajaran dari hasil yang diperoleh. Dalam penelitian kali ini peneliti mengimplementasikan model Hybrid TGfU-SEM sebagai model yang digunakan dalam pembelajaran yang diimplementasikan melalui permainan soccer like games terhadap motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 29 siswa yang hanya terdiri dari kelas eksperimen dan tanpa kelas kontrol. Hasil dari uji normalitas yaitu nilai Asymp. Sig-2 tailed sebesar 0,200 > taraf kesalahan alpha 5% atau 0,05. Hasil uji homogenitas bahwa data motivasi belajar sig 0,034 > 0,05 artinya data tersebut sama atau homogen. Hasil dari uji diketahui nilai signifikan atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pada penerapan Hybrid TGfU-SEM melalui permainan soccer like games terhadap peningkatan motivasi belajar dan di nyatakan bahwa hipotesis diterima. Dalam peningkatan hasil belajar nilai rata-rata meningkat sebesar 10,48, jadi bisa disimpulkan bahwa model Hybrid TGfU-SEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-04-14 — Updated on 2025-04-14

How to Cite

Al Afghani, Afwan, Dian Budiana, and Wildan Alfia Nugroho. “IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (April 14, 2025): 20–29. Accessed June 6, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/64819.