IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.64819Abstract
Motivasi dan hasil belajar merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut ditujukan untuk menjadi acuan dalam keberhasilan sebuah pembelajaran dan bisa mencari evaluasi jika ada kekurangan dalam proses pembelajaran dari hasil yang diperoleh. Dalam penelitian kali ini peneliti mengimplementasikan model Hybrid TGfU-SEM sebagai model yang digunakan dalam pembelajaran yang diimplementasikan melalui permainan soccer like games terhadap motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 29 siswa yang hanya terdiri dari kelas eksperimen dan tanpa kelas kontrol. Hasil dari uji normalitas yaitu nilai Asymp. Sig-2 tailed sebesar 0,200 > taraf kesalahan alpha 5% atau 0,05. Hasil uji homogenitas bahwa data motivasi belajar sig 0,034 > 0,05 artinya data tersebut sama atau homogen. Hasil dari uji diketahui nilai signifikan atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh pada penerapan Hybrid TGfU-SEM melalui permainan soccer like games terhadap peningkatan motivasi belajar dan di nyatakan bahwa hipotesis diterima. Dalam peningkatan hasil belajar nilai rata-rata meningkat sebesar 10,48, jadi bisa disimpulkan bahwa model Hybrid TGfU-SEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2024-04-14 — Updated on 2025-04-14
How to Cite
Al Afghani, Afwan, Dian Budiana, and Wildan Alfia Nugroho. “IMPLEMENTASI HYBRID TGFU-SPORT EDUCATION MODEL MELALUI PERMAINAN SOCCER LIKE GAMES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (April 14, 2025): 20–29. Accessed June 6, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/64819.
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.