PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI DAN KERJASAMA TIM

Authors

  • Devi Nurlita Universitas Pendidikan Indonesia
  • Carsiwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alit Rahmat Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.64892

Abstract

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai teknik dasar bola voli dan kurang memiliki kesadaran akan pentingnya kerja sama tim. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran olahraga. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap penguasaan teknik dasar bola voli dan kerjasama tim. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-test post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari 58 siswa kelas VIII di SMP PGRI Limbangan, yang kemudian dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol 28 siswa dan eksperimen 30 siswa. Untuk melakukan analisis data, diterapkan uji normalitas dan uji homogenitas, serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan teknik dasar bola voli dan kerjasama tim pada kelompok eksperimen setelah diterapkannya model pembelajaran TGT. Model ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan pemahaman teknik dasar dan membangun komunikasi serta koordinasi dalam tim.

Downloads

Published

2025-04-22

How to Cite

Nurlita, Devi, Carsiwan, and Alit Rahmat. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI DAN KERJASAMA TIM”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (April 22, 2025): 30–40. Accessed July 21, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/64892.