ANALISIS MINAT SISWA PADA KIDS' ATHLETICS SDN ANJIR PASAR LAMA 1
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.65808Abstract
Perkembangan pembelajaran jasmani menuntut inovasi agar dapat menarik minat siswa, terutama di jenjang sekolah dasar. Salah satu pendekatan yang potensial adalah penerapan Kids’ Athletics, yang mengintegrasikan aktivitas fisik dasar dalam bentuk permainan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat siswa terhadap Kids’ Athletics di SDN Anjir Pasar Lama 1. Metode yang diterapkan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan angket tertutup sebagai teknik dalam mengumpulkan data, melibatkan 30 siswa kelas IV dan V sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total responden, sebanyak 63% siswa berada pada kategori minat sangat baik, 30% kategori baik, dan 7% kategori cukup, dengan rata-rata keseluruhan minat siswa mencapai 81,56% dalam kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa menunjukkan tingkat minat yang sangat tinggi terhadap Kids' Athletics setelah diberikan pengenalan. Selain itu, Kids’ Athletics mampu menjadi pendekatan inovatif dalam pembelajaran jasmani untuk meningkatkan minat dan partisipasi aktif siswa. Penelitian ini berkontribusi terhadap bidang pendidikan dengan memberikan alternatif strategi pembelajaran jasmani berbasis permainan yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia sekolah dasar.References
Amalia, W., Budiana, D., & Sumarno, G. (2024). Pengaruh Pembelajaran Kids Athletics Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(1). https://doi.org/10.55081/jumper.v5i1.2776
Amirudin, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5711
Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). The Effectiveness of Kids Athletics Games as Motion Stimulation for Elementary School Children: a Literature Review. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 9(2), 488–493. https://doi.org/10.30994/sjik.v9i2.328
Arie Rakhman, Basuki Wibawa, Rusmono, & Jarudin. (2024). Urang Banjar Traditional Games for Health and Harmony: Learning Physical Sports and Health with Local Wisdom. Global Synthesis in Education Journal, 1(3), 28–34. https://doi.org/10.61667/t0t18f04
Astuti Zulfiana, P., Dewinta Mutiara, & Episiasi, E. (2024). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas III Pada Pembelajaran IPA di SDN 45 Lubuklinggau. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(1), 416–424. https://doi.org/10.56799/jim.v4i1.6904
Camacho-Sánchez, R., Manzano-León, A., Rodríguez-Ferrer, J. M., Serna, J., & Lavega-Burgués, P. (2023). Game-Based Learning and Gamification in Physical Education: A Systematic Review. Education Sciences, 13(2), 183. https://doi.org/10.3390/educsci13020183
Ernawati, I., & Setiawaty, D. (2021). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Psikodrama dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIID di SMP Negeri 11 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 220–225. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i2.1567
Florens Dianni Nurhabiba, Misdalina Misdalina, & Tanzimah. (2023). Kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi SD 19 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 492–504. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1405
Ganse, B., & Degens, H. (2021). Declining track and field performance trends in recent years in the Austrian best results 1897-2019. Journal of Musculoskeletal & Neuronal Interactions, 21(2), 196–205.
Houcine, B., Mohamed, B. hadj, & Djamel, M. (2024). Effectiveness of the program of kids’ athletics activities in improving some motor skills of students with hearing disabilities (10-12 years). Journal El-Baheth in Human and Social Sciences, 15(1), 89–99.
Ihwanto, N., & Mashud, M. (2021). Game Based Learning in Physical Education Sport and Health Subject. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.17509/tegar.v5i1.34905
Irianto, T., Arifin, R., & Firmansyah, M. (2021). The Relationship of Physical Activities and Student Learning Outcomes of Physical Education. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 318–325. https://doi.org/10.33369/jk.v5i2.16376
Jakubík, J., & Broďáni, J. (2025). Implementing the Kids’ Athletics Program in the System of Increasing the Level of Physical Performance of Youth. Physical Education Theory and Methodology, 25(1), 166–171. https://doi.org/10.17309/tmfv.2025.1.20
Kardi, I. S., CS, A., Asri, A., Mubarak, M. F., Oktavian, I. D., Yudistira, I., Logo, Y., & Mirin, M. (2025). Pengaruh Model Latihan Kids’ Athletics Terhadap Keseimbangan, Kelincahan, dan Koordinasi Anak Usia 6-7 Tahun. Jambura Health and Sport Journal, 7(1), 27–37. https://doi.org/10.37311/jhsj.v7i1.30296
Kurniawan, S., Perdinanto, P., & Basuki, S. (2022). Minat Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK dalam Masa Pandemi Covid – 19. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.20527/mpj.v3i1.1541
Mo, W., Saibon, J. Bin, LI, Y., Li, J., & He, Y. (2024). Effects of game-based physical education program on enjoyment in children and adolescents: a systematic review and meta-analysis. BMC Public Health, 24(1), 517. https://doi.org/10.1186/s12889-024-18043-6
Muliadi. (2022). Pembelajaran Atletik di SD dengan Pendekatan Pembinaan Gerak Dasar Melalui Permainan. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/iptek.v1i3.30945
Nur, L., Suherman, A., Subarjah, H., & Budiana, D. (2019). Physical Education Learning Motivation: A Gender Analysis. JURNAL PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.13790
Nurulfa, R., Setiawan, I., & Juniarto, M. (2022). Edukasi Gerak Dasar Kids Atletik Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Karang Asih, Cikarang Utara. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022, 430–434. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Pratama, R. S., & Putri, A. C. (2024). Meningkatkan Motivasi Berolahraga pada Remaja dengan Pendekatan Bimbingan Konseling. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasa, 8(2), 30–45.
Purbangkara, T., & Pratama, A. (2021). Hubungan antara Ketebalan Lemak, Kebugaran Jasmani dan Keseimbangan dengan Hasil Belajar Tolak Peluru Studi Korelasi Pada Ekstrakulikuler Atletik Di SMA Negeri 2 Sukatani. Jurnal of S.P.O.R.T, 5(1), 45–54.
Putra, R. N., & Bafirman, B. (2020). Efek model kids’ athletics memberikan nilai tambah dalam meningkatkan konsep diri siswa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13624
Putranto, A. D., & Efendi, M. Y. (2024). Pentingnya Kebugaran Jasmani untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh dalam Mengikuti Kegiatan Belajar dan Mengajar Di SMP Dharma Karya UT. Seminar Nasional Dan Publikasi Ilmiah 2024 FIP UMJ, 2009–2013.
Rakhmah, A. Z., & Pradikto, S. (2025). Pengaruh Metode Pembelajaran yang Efektif terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah SMA Negeri 3 Pasuruan. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(1), 184–198. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/bima.v3i1.1544
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.