PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN FLIPPED CLASSROOM PADA SISWA KELAS X SMAN TARUNA NALA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v10i2.65952Keywords:
Flipped Classroom, belajar, passing bawahAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui penerapan Flipped Classroom pada siswa kelas X SMAN Taruna Nala. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Model Flipped Classroom menggabungkan pembelajaran daring melalui Google Classroom dengan pertemuan tatap muka, membantu siswa dalam mempelajari materi di rumah sebelum pelaksanaan pembelajaran di kelas. Hasilnya, terdapat peningkatan pada hasil belajar yang diukur melalui nilai ketuntasan belajar siswa. Pada tahap awal (pre-test), hanya 19% siswa yang mendapatkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM ≥ 75). Setelah siklus I, jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 46%, dan pada siklus II mencapai 85%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa model Flipped Classroom dapat membantu siswa memahami materi lebih baik sebelum praktik, meningkatkan keterampilan motorik, dan mendorong partisipasi aktif dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa model Flipped Classroom layak diterapkan sebagai alternatif pembelajaran PJOK dalam Kurikulum Merdeka karena dapat meningkatkan pemahaman konsep, keterampilan, dan kemandirian belajar siswaReferences
Akhmadi, A. (2021). Implementation of blended learning in training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15, 78–87.
Alruwaih, M. (2015). Effect of Blended Learning on Student’S Satisfaction for Students of the Public Authority for Applied Education and Training in Kuwait. Science, Movement and Health, 15(2), 442– 448. https://www.analefefs.ro/anale-fefs/2015/i2s/pe-autori/v2/33.pd
Bahrudin, S. (2023). Pengaruh Model Flipped Classrom Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa.
Bahrudin. (2024). Penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan motivasi belajar PJOK di SMA Negeri Jatinangor (Undergraduate thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia. Retrieved from https://repository.upi.edu/115806
Dwiyogo, W. D. (2016). Pembelajaran Berbasis Blended Learning Model Pembelajaran dan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Wineka Media.
Fadli, R., Husen, S., & Zulfajri. (2024). Persepsi awal mahasiswa terhadap model Flipped Classroom pada mata kuliah pendidikan olahraga. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 8(1), 45-55. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/kinestetik/article/view/31130
Ferdiansyah, A., Kurniawan, R., & Darmawan, A. (2024). Development Of Student Guidebooks For Physical Education Learning Using The Flipped Classroom Model. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(Ii), 529–546.
Ferriz-Valero, A., Østerlie, O., García-Martínez, S., & Baena-Morales, S. (2022). Flipped Classroom: A Good Way for Lower Secondary Physical Education Students to Learn Volleyball. Education Sciences, 12(1). https://doi.org/10.3390/educsci12010026
Gosálbez-Carpena, P. A., García-Martínez, S., García-Jaén, M., Østerlie, O., & Ferriz-Valero, A. (2022). Methodological Application Flipped Classroom in the Non-University Students of Physical Education: a Systematic Review. Journal of Sport and Health Research, 14(2), 171–186.
Jelantik, M. A. S., & Gunawan, I. G. (2022). Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar PJOK siswa SMA. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 1-10. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/16586
Jiao, C., Qian, K., & Zhu, D. (2021). Application of Flipped Lassroom Teaching Method Based on VR Technology in Physical Education and Health Care Teaching. IEEE Access, XX, 1–9. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.3019317
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mischenko, N., Kolokoltsev, M., Romanova, E., Dychko, V., Dychko, Y., Dychko, D., Shaida, N., Yakovenko, V., & Kokhan, S. (2020). Using «flipped classroom» pedagogical technology in school physical education. Journal of Physical Education and Sport, 20(6), 3504–3511. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.06473
Nopandri, R. A., & Wathoni, M. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bola Voli Kelas X IPA SMA Muhammadiyah Ponjong. 2165–2173.
Saktiawan R. (2023). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PJOK Materi Permainan Sepak Bola Melalui Penerepan Metode Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Banyuglugur Situbondo Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmu Keolahragaan …, 11(2), 116–124.
Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA, CV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.





