PERBANDINGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66047Abstract
Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan tidak terbatas hanya pada sarana untuk mengembangkan kemampuan motorik serta pembiasaan pola hidup sehat, namun juga berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan karakter dan interaksi sosial peserta didik, khususnya dalam keterampilan bermain futsal. Mengingat adanya perkembangan kurikulum, khususnya kurikulum merdeka yang tekenal pada diferensiasi pembelajaran dan kebutuhan individu siswa. Penelitian ini dilakukan guna menganalisis dan membandingkan efektivitas dua pendekatan pembelajaran, yakni Teaching at the Right Level (TaRL) dan Differentiated instruction (DI), dalam meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam keterampilan bermain futsal. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Kelompok dipilih secara random untuk menerima treatment antara kelompok yang menggunakan pendekatan TaRL dan DI. Pengukuran dilakukan menggunakan instrumen yang dikenal dengan Game Performance Assessment Instrument (GPAI) yang telah tervalidasi untuk menilai performa siswa. Analisis data dilakukan menggunakan uji-t dependen dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25.0, hasil analisis menunjukkan bahwa kedua pendekatan pembelajaran memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan bermain futsal. Pendekatan DI terbukti lebih signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Kesimpulannya, pendekatan DI lebih efektif dibandingkan TaRL dalam mendukung peningkatan keterampilan bermain futsal siswa, terutama sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka yang menitikberatkan pada proses pembelajaran yang adaptif dengan fokus pada peserta didik.Downloads
Published
2025-05-28
How to Cite
Puspita Sari, Fitria, Nuryadi, and Asep Sumpena. “PERBANDINGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DENGAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION DALAM KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (May 28, 2025): 41–49. Accessed June 6, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/66047.
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.