PENDEKATAN GERAK DOMINAN DALAM PERMAINAN YANG DI RANCANG DALAM LOMPAT JAUH SISWA SMPN 3 KELUA
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66188Keywords:
Atletik, Gerak Dominan, Lompat JauhAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas pendekatan permainan berbasis gerak dominan terhadap peningkatan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 3 Kelua dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one-group pre-test post-test. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dinilai oleh tiga guru PJOK. Instrumen utama berupa penilaian kemampuan gerak dasar lompat jauh (awalan, tolakan, melayang, mendarat) menggunakan skala Likert 1–4. Selain itu, digunakan juga instrumen observasi gerak dominan dalam permainan sebagai data pendukung. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test (p = 0,000), sedangkan rata-rata N-Gain sebesar 0,6855 (kategori sedang-tinggi). Data penguat observasi menunjukkan 76% siswa masuk kategori “Baik” hingga “Sangat Baik” dalam gerak dominan. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan permainan efektif digunakan sebagai strategi alternatif dalam pembelajaran PJOK, khususnya dalam meningkatkan keterampilan teknik dasar siswa secara menyenangkan, kontekstual, dan aktifReferences
Adipat, S., Laksana, K., Busayanon, K., Ausawasowan, A., & Adipat, B. (2021). Engaging Students in the Learning Process with Game-Based Learning: The Fundamental Concepts. International Journal of Technology in Education, 4(3), 542–552. https://doi.org/10.46328/ijte.169
Amirudin, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 102–106.
Anggara, N., Perdinanto, & Erliana, M. (2021). Sosialisasi Dasar Pembelajaran Permainan Bola Besar Berbasis Record untuk Guru PJOK di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 249–254. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2491
Bustomi, Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran Konstruktivisme dalam Teori Pendidikan Kognitif Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(4), 16376–16383.
Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2021). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 Pada Masyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 211–218. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i3.2478
Fauzi, R. S., & Septiani, N. (2020). Pengaruh Pendekatan Bermain terhadap Optimalisasi Gerak Dasar Lari Estafet pada Siswa Kelas V di SD Negeri 2 Lurah Kabupaten Cirebon. Research Physical Education and Sports, 2(1), 20–23.
Hafidz, I. A., Syafei, M. M., & Afrinaldi, R. (2021). Survei Pengetahuan Siswa Terhadap Pembelajaran Atletik Nomor Lompat Jauh di SMAN 1 Rengasdengklok. Jurnal Literasi Olahraga, 2, 104–109. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4637
Ihsan, A., Hasyim, M. Q., Sufitriyono, & Irawati, A. F. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Permainan Lompat Katak Untuk Meningkatkan Vhasil Belajar Lompat Jauh Pada Siswa Kelas Viii A Smp Negeri 3 Sinjai. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 2148–2153. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21617
Kurniawan, S., Perdinanto, P., & Basuki, S. (2022). Minat Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK dalam Masa Pandemi Covid – 19. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 27–37. https://doi.org/10.20527/mpj.v3i1.1541
Mercader-Rubio, I., Ángel, N. G., Silva, S., Furtado, G., & Brito-Costa, S. (2023). Intrinsic Motivation: Knowledge, Achievement, and Experimentation in Sports Science Students—Relations with Emotional Intelligence. Behavioral Sciences, 13(7), 589. https://doi.org/10.3390/bs13070589
Muliadi. (2022). Pembelajaran Atletik di SD dengan Pendekatan Pembinaan Gerak Dasar Melalui Permainan. IPTEK: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–11.
Nur, M. T., Sudirman, & Kasmad, R. (2024). Analisis Hasil Belajar Lompat Jauh Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Majene. Global Journal Sport, 2, 334–340. https://doi.org/https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjs
Nurdiansyah, Arifin, R., Hakim Siregar, A., Hasyim, & Ramadhani. (2023). Development of a Swimming Learning Model With a Play Approach to Elementary School Students. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 451–457. https://doi.org/10.33369/jk.v7i2.27806
Rahmadi, R., Indah, E. P., & Rakhman, A. (2023). Development Of A Physical Activity Learning Model Multimedia Based In Flood PROne Areas. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 202. https://doi.org/10.31602/rjpo.v0i0.12945
Salasiah, Rahmadi, & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–31. https://doi.org/https://doi.org/10.20527/mpj.v1i1.476
Satyawan, I. M., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Thematic Physical Education Games Model for Grade 1 Elementary School Student. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 4(2). https://doi.org/10.17509/tegar.v4i2.31487
Smiderle, R., Rigo, S. J., Marques, L. B., Peçanha de Miranda Coelho, J. A., & Jaques, P. A. (2020). The impact of gamification on students’ learning, engagement and behavior based on their personality traits. Smart Learning Environments, 7(1), 3. https://doi.org/10.1186/s40561-019-0098-x
Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 72–80. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6189
Zainuri, K. (2020). Peningkatan Hasil Pembelajaran Lompat Jauh melalui Pendekatan Bermain Longu pada Siswa Kelas IV SDN 37 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 7(1), 35–42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.