PENGARUH JADWAL PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.66373Keywords:
Pendidikan Jasmani, Jadwal Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Persepsi Siswa.Abstract
Pendidikan jasmani merupakan sebuah proses pendidikan yang bertujuan untuk membina kemampuan fisik, mental dan kesehatan siswa. tujuan penelitian untuk mengetahui persepsi siswa tehadap pengaruh jadwal pembelajaran terhadap efektivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptip kuantitatif dengan teknik survey melalui angket. Populasi pada penelitian ini adalah sekolah SMPN 1 PARINGIN. Sampel penelitian ini menggunakan teknik porpusive sampling. sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 PARINGIN yang berjumlah 122 siswa dari 5 kelas. Dari hasil analisis, indikator kesesuaian jadwal pembelajaran mendapat rata- rata skor sebesar 3.12 atau 78% kategori sesuai, kondisi fisik dan psikologis siswa memperoleh nilai rata-rata 3.10 atau 75,5% kategori sesuai, keterlibatan dan motivasi siswa memperoleh rata-rata sebesar 3.21 atau 80,3% kategori sesuai, kinerja dan pemahaman materi memperoleh rata-rata sebesar 3.10 atau 77,5% kategori sesuai dan tingkat kepuasan siswa memperoleh rata-rata 3.00 atau 75% kategori sesuai. Secara keseluruhan, baik jadwal pagi maupun siang dinilai efektif, dengan dominasi pada kategori efektif. Namun, jadwal pagi lebih banyak dinilai sangat efektif, sementara jadwal siang memiliki lebih banyak responden di kategori efektif, tapi juga lebih tinggi dalam kategori kurang efektif. Berdasarkan hasil lima indikator dari data yang diperolah dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa jadwal pembelajaran tidak berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah SMPN 1 PARINGINDownloads
Published
2025-06-30
How to Cite
M Rizky Noorrahman, Arie Rakhman, and Rahmadi. “PENGARUH JADWAL PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ”. Jurnal Pedagogik Olahraga 11, no. 1 (June 30, 2025): 194–203. Accessed July 22, 2025. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/66373.
Issue
Section
Articles
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.