PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS GOOGLE SITE
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BERBASIS GOOGLE SITE
DOI:
https://doi.org/10.24114/jpor.v11i1.67440Keywords:
media pembelajaran, sepak bola, Google Site, ADDIE, SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran sepak bola berbasis Google Site untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan melalui tahapan analisis kebutuhan, perancangan desain, pengembangan media, implementasi dalam pembelajaran, serta evaluasi efektivitas media. Hasil validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa produk sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan di atas 85%. Uji coba terbatas pada siswa kelas IX menunjukkan bahwa media mampu meningkatkan pemahaman konsep dasar sepak bola dan memfasilitasi pembelajaran mandiri. Penggunaan Google Site sebagai media pembelajaran terbukti efektif, fleksibel, dan mudah diakses, terutama di wilayah dengan keterbatasan infrastruktur teknologi.References
Academy, J. S. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Dengan Metode Demonstrasi. Journal Sport Academy, 1(2), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/j sa.v1i2.16
Al-Asadi, M. (2016). Soccer Players Skill Development with Multimedia Aid : Future Prospects. 6(5), 107–110. https://doi.org/10.5923/j.edu.20160605.0 1
Apriliyanto;, A., Muhammad, Royana;, Fatkhu, I., Pratama;, & Slamet, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Sepakbola Berbasis Android Keywords: Android Multimedia Basic Techniques of Football. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 34–44. https://doi.org/https://doi.org/10.53869/j pdm.v1i1.145
Benny A. Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
David L. Galahue, J. C. O. (2009). Understanding Motor Develompment, Exercise Science, and Sport (16th Editi). New York: Mc Graw-Hill Co, Inc.
Effendi, A. R., Qosim, A., Suhairi, M., & Barat, K.(2023). Development Of Basic Inner Foot Passing Technique. Penjaskesrek, 10(2), 443–451. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/ penjaskesrek.v10i2.2342
Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan.
Karsam, K., Rahmat, A., & Suhairi, M. (2023). Development of Smart Beater and Pole Base Kasti Ball Game for Elementary School. INSPIREE: Indonesian Sport Innovation Review, 4(03), 129–147. https://doi.org/10.53905/inspiree.v4i03.1 20
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Kompetensi Guru. , (2007).
Lutan, R. (1988). Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode (D. Dikti, ed.). Jakarta.
Mahrawi, M., Marianingsih, P., Artdhita, A. S. N. P., Pardede, P. I., Cahyani, A. R., & Chaerunisa, R. (2023). Pengembangan Bio-Meta: Buku Digital Terintegrasi Dengan Augmented Reality dan Virtual Reality. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 317–329. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/ze nodo.7627217
Muhammad Fafi Niamil Aufa, & Mochamad Ridwan. (2023). Pengaruh Penerapan E Book Interaktif Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola Siswa. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 181–188. https://doi.org/10.46838/spr.v4i2.340
Pujiriyanto. (2019). Modul 2 - Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21. Modul 2 PPG, 168.
Selian, N. (2019). the Management of Pre School Towards Accreditation Standards. AL ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 11(2), 197. https://doi.org/10.35445/alishlah.v11i2.15 0
Suganda, M. A. (2019). Hubungan Kelincahan Dengan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola Mikkey. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 7(1), 83–90. https://doi.org/10.35724/mjpes.v
Sugiyono. (2010). Motode Penelitian Bisnis, pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D (Alfabeta). Bandung. Suhairi, M., Asmawi, M., Tangkudung, J., Hanif, A. S., & Dlis, F. (2020). Development of SMASH skills training model on volleyball based on interactive multimedia. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(6), 53–66. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I06.1340 5
Suhairi, M., Effendi, A. R., & Rajidin. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Multimedia. Penjaskesrek, 8(2), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/ penjaskesrek.v9i2.1912
Supriatna, E., & Suhairi, M. (2021). Pengembangan Bola Soft untuk Mengembangkan Keterampilan Teknik Dasar dan Koordinasi Gerak Bolavoli di Sekolah Dasar. MULTILATERAL : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 83–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527 /multilateral.v20i2.10302
Tarigan;, B. (2001). Pendekatan Keterampilan Praktis dalam Pembelajaran Sepak Bola : konsep dan metode. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Yurike, P., Suhairi;, M., & Roni;, A. (2022). Survei Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA se-Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau. JSA: Journal Sport Academy, 1(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/j sa.v1i2.17
Tarju, T., & Wahidi, R. (2017). Pengaruh Metode Latihan Terhadap Peningkatan Passing Dalam Permainan Sepak Bola. JUARA: Jurnal Olahraga, 2(2), https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.35 66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.