PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA LOMPAT JAUH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 KOTA JAMBI

Sukendro .

Abstract


ABSTRAK

Pelajaran olahraga merupakan Pelajaran yang sangat di senangi oleh siswa, tetapi berbeda halnya dengan cabang olahraga Lompat Jauh justru siswa sangat sulit untuk melakukan, alasan yang sering terdengar dominan melakukan gerakan yang diawali dengan lari dan  lompatan yang menguras tenaga serta sangat melelahkan. Adanya permasalahan dalam latar belakang diatas, penulis mengambil kesimpulan bahwa diperlukan pengembangan pembelajaran yang dapat memberikan motivasi belajar serta manfaat, menarik dan efektif pada pengembangan pembelajaran serta dapat memberikan kemudahan kepada guru pendidikan jasmani dalam menyampaikan materi. Penelitian ini di khususkan kepada media pengembangan materi pembelajaran gerak dasar lompat jauh, selanjutnya mengupayakan perbaikan kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani serta mencari jalan keluar dan mengupayakan agar pelajaran pendidikan jasmani pada umumnya dan atletik khususnya menjadi mata pelajaran yang menyenangkan hingga peserta didik tidak jenuh mengikutinya serta dapat memperkaya pengalaman gerak atau motorik peserta didik.

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengembangan pembelajaran lompat jauh dengan media audio visual (VCD) mampu membuat daya tarik siswa sehingga menyenangkan. Adapun  penelitian pengembangan media audio visual VCD pada materi pembelajaran lompat jauh menggunakan model pengembangan dari Lee & Owens.

Berdasarkan hasil respon siswa terhadap media audio visual berbentuk VCD pada materi olahraga lompat jauh adalah sangat baik yang didapat dari angket respon siswa.

Berdasar hasil belajar dapat disimpulkan media audio visual berbentuk VCD pada materi olahraga lompat jauh adalah sangat baik.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Olahraga Lompat Jauh

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpor.v3i1.8198

Article Metrics

Abstract view : 534 times
PDF - 940 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA



Jurnal Pedagogik Olahraga
Program Studi Pendidikan OlahragaProgram Pascasarjana Universitas Negeri Medan
Website : https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor

Creative Commons License
Jurnal Pedagogik Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.