PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH PADA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DAN DAMPAKNYA PADA SISWA SMA NEGERI 15 MEDAN

Albadi Sinulingga, Tarsyad Nugraha

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Ilmiah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani  Olahraga Dan Kesehatan Dampaknya Terhadap Siswa SMA Negeri 15 Medan Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan menggunakan teknik dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 15 Juni – 20 Juni 2015, yang bertempat di SMA Negeri 15 Medan Kec. Berastagi Kab. Karo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan yang berjumlah 307 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 15 Medan. (2) Pelaksanaa penilaian autentik yang sesuai dengan tuntutan dari pelaksanaan kurikulum 2013. (3) Rata-rata persentase aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 15 Medan pada Tahun Ajaran 2016/2017 pada 10 kelas (IPA dan IPS). Dengan persentase aspek pengetahuan sebesar 33,53%, rata-rata persentase aspek keterampilan sebesar 34,21%  rata-rata persentase aspek sikap sebesar 33,11%.  (4) Dampak dari penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach)

Kesimpulan Penerapan pendekatan ilmiah pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri 15 Medan kelas XI  tahun ajaran 2016/2017 memberikan dampak yang baik bagi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik (siswa).


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 389 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURNAL PEDAGOGIK OLAHRAGA