ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONSIA SISWA KELAS I DI SDN MEDENG 2 SIDOARJO

Idza Nur Istikhomah, Syamsul Gufron, Afib Rulyansah

Abstract


Penelitian tentang analisis kesulitan siswa dalam belajar membaca dan menulis permulaan di kelas I SDN Meadeng 2 Sidoarjo, memiliki fokus penelitian: Kesulitan membaca dan menulis permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SDN Medaeng 2 Sidoarjo, dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesulitan siswa dalam belajar membaca dan menulis permulaan di kelas I SDN Meadeng 2 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memakai metode studi kasus. Data penelitian ini adalah hasil wawancara dengan informan. Data bersumber dari guru, kepala sekolah dan siswa kelas I SDN Meadeng 2 Sidoarjo. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan dengan reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan triangulasi tekni dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) kesulitan siswa dalam membaca permulaan seperti sulit mengeja huruf menjadi suku kata, sulit mengeja suku kata menjadi kata, sulit membedakan huruf yang hampir mirip, (2) kesulitan siswa dalam belajar menulis ialah tidak ada jarak antar kata, tulisan tidak sempurna, lama dalam menulis dan, (3) cara guru mengatasi kesulitan siswa dalam belajar membaca dan menulis permulaan yaitu dengan menggunakan metode yang bervariasi, mengubah tempat duduk, membiasakan membaca mandiri selama 10 menit, mengadakan les khusus bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca dan menulis, Berkerja sama dengan orang tua dalam memantau perkembangan siswa dalam hal membaca dan menulis, memberikan latihan terus menurus bagi siswa yang mengalai kesulitan dalam dan menulis.

 Abstrak: Learning difficulties, membaca dan menulis permulaan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v7i1.36631

Article Metrics

Abstract view : 360 times
PDF - 989 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Idza Nur Istikhomah, Syamsul Gufron, Afib Rulyansah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.