PENGARUH ASESMEN KINERJA BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA DALAM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN LITERASI HUMANISTIK

Authors

  • Putu Gede Wartawan STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Made Sedana STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • Putu Sanjaya STAHN Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65986

Abstract

Abstrak: Penelitian eksperimen ini menguji pengaruh asesmen kinerja berorientasi Tri Kaya Parisudha dalam pembelajaran fisika terhadap sikap ilmiah dan literasi humanistik siswa SMA Negeri 4 Singaraja. Menggunakan desain posttest-only control group, sampel terdiri dari 76 siswa (kelas XI D dan XI F) yang dipilih secara acak. Analisis MANOVA menunjukkan perbedaan signifikan pada: (1) Pada sikap ilmiah (F= 23,290; p< 0,001; Δmean= 10,260), (2) Pada literasi humanistik (F= 9,235; p< 0,001; Δmean = 5,130), dan (3) keduanya secara simultan (F= 44,766; p< 0,001). Hasil membuktikan keunggulan asesmen berbasis Tri Kaya Parisudha dibanding konvensional dapat miningkatkan sikap ilmiah dan literasi humanistik. Kata Kunci: Asesmen Kinerja, Tri Kaya Parisudha, Sikap Ilmiah, Literasi Humanistik.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Wartawan, P. G., Sedana , I. M., & Sanjaya, P. (2025). PENGARUH ASESMEN KINERJA BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TRI KAYA PARISUDHA DALAM TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN LITERASI HUMANISTIK . JS (JURNAL SEKOLAH), 9(3), 648–658. https://doi.org/10.24114/js.v9i3.65986

Issue

Section

Articles