KAJIAN NILAI KARAKTER PENDIDIKAN PADA TRADISI BUDAYA TUMPEK KRULUT SISWA

Authors

  • Ketut Heny Juniati STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka STAHN Mpu Kuturan Singaraja
  • I Gede Suwindia STAHN Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i4.65987

Abstract

Abstract: This study examines the educational character values embedded in the Tumpek Krulut cultural tradition at SMPN Satu Atap 1 Kubutambahan. Tumpek Krulut, known as a day of affection in Balinese culture, expresses love not only toward partners but also toward all living beings. Using a descriptive qualitative approach and case study method, the research finds that this tradition instills ethical, religious, caring, communal, mutual respect, hard work, creativity, communication, environmental concern, social responsibility, and accountability values. Implementing this tradition in schools has the potential to strengthen social bonds and foster peace through the practice of universal values. Keyword: Educational Character Values, Cultural Tradition, Tumpek Krulut.   Abstrak: Penelitian ini mengkaji nilai-nilai karakter pendidikan dalam tradisi budaya Tumpek Krulut di SMPN Satu Atap 1 Kubutambahan. Tumpek Krulut, sebagai hari kasih sayang dalam budaya Bali, tidak hanya mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan tetapi juga kepada seluruh makhluk. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif dan metode studi kasus, penelitian ini menemukan bahwa tradisi ini menanamkan nilai etika, religius, kepedulian, kebersamaan, saling menghormati, kerja keras, kreativitas, komunikasi, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Implementasi tradisi ini di sekolah berpotensi mempererat hubungan sosial dan menciptakan kedamaian melalui praktik nilai-nilai universal. Kata Kunci: Nilai Karakter Pendidikan, Tradisi Budaya, Tumpek Krulut.

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Heny Juniati, K., Raka, I. N., & Suwindia, I. G. (2025). KAJIAN NILAI KARAKTER PENDIDIKAN PADA TRADISI BUDAYA TUMPEK KRULUT SISWA. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 741–752. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.65987