PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Shanas Azzahra Fitriana Universitas Negeri Semarang
  • Ellianawati Universitas Negeri Semarang
  • Decky Avrilianda Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66879

Abstract

Abstract: This study aims to improve students' understanding of religious diversity in Indonesia using animated video as an audiovisual learning medium. The method used is Design and Development (D&D) with the ADDIE model. Research instruments include observation, expert validation questionnaires, tests, and interviews. Data were analyzed through expert validation, N- gain test, and pretest-posttest comparison. Expert validation averaged 91.4% (very good). The average pretest score was 59,96, increasing to 85.93 in the posttest, with an N-gain of 0,65 (moderately effective). The media is proven to be appropriate and effective in enhancing students’ learning outcomes. Keyword: animated audio visual, learning media, pancasila education learning   Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi keragaman agama di Indonesia melalui media audio visual video animasi. Metode yang digunakan adalah Design and Development (D&D) dengan model ADDIE. Instrumen penelitian meliputi observasi, angket validasi ahli, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan validasi ahli, uji N- gain, dan perbandingan pretest-posttest. Hasil validasi ahli menunjukkan rata-rata 91,4% (sangat baik). Rata-rata nilai pretest diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 59,96 meningkat menjadi 85,93 pada posttest, dengan N-gain sebesar 0,65 (cukup efektif). Media terbukti layak dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: media audio visual animasi, media pembelajaran, pendidikan pancasila

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Azzahra Fitriana, S., Ellianawati, & Avrilianda, D. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KERAGAMAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 939–947. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.66879