PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67158Abstract
Abstract: This study aims to see the effect of using wordwall learning media on student learning outcomes using a quantitative approach and pre-experimental research type. The sample in this study were 32 students of class IV A of SD Inpres Anagowa, Gowa Regency. The sampling technique used was purposive sampling. Data collection methods used were observation sheets, tests, and documentation. The results of the study were divided into two descriptive analyses and inferential analyses. It can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted so that it can be said that the use of wordwall learning media has an effect on the learning outcomes of class IVA students. Keyword: Learning Media, Wordwall, Learning Outcomes, Pancasila Education. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Inpres Anagowa Kabupaten Gowa yang berjumlah 32 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dibagi menjadi dua analisis deskriptif dan analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IVA. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wordwall, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila.Downloads
Published
2025-09-30
How to Cite
Nur Amalina, R., R. Supardi, Satriawati, & Damayanti, A. A. (2025). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS WEBSITE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV. JS (JURNAL SEKOLAH), 9(4), 931–938. https://doi.org/10.24114/js.v9i4.67158
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Rifqa Nur Amalina, R. Supardi, Satriawati, A. Alfiani Damayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.