UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI PENGGUNAAN METODE STAD DI KELAS VII E SMP

Andreas V H Sihit, Yosaphat Haris Nusarasriya, Nani Mediatati

Abstract


Abstrak : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Melalui Penggunaan Metode STAD di Kelas VII E SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Metode pembelajaran koopratif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E dalam mata pelajaran pkkn. Hasil belajar siswa pada pra siklus hanya 4 siswa dengan presentase 14,8% yang tuntas KKM ≥ 75, pada siklus 1 terdapat 17 siswa dengan presentase 63,0% yang tuntas KKM dan siklus 2 ada 25 siswa dengan presentase 92,5% yang tuntas KKM.


Kata Kunci : Pelajaran PPKn, STAD (Student Teams Achievement Division), Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9908

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Andreas V H Sihit, Yosaphat Haris Nusarasriya, Nani Mediatati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.