PERBEDAAN PENGARUH METODE STAD DAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMK
Abstract
Abstrak:Perbedaan Pengaruh Metode STAD dan Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn di Kelas X SMK. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode STAD dan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas X SMKN 2 Salatiga. Desain penelitian menggunakan “Quasi Eksperimental Design” dengan bentuk “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMK, yang terdiri dari 18 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan teknik analisis data menggunakan uji-T dengan bantuan SPSS 16.00 setelah memenuhi uji prasyarat analisis data (uji normalitas dan uji homogenitas). Hasil penelitian disimpulkan tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode STAD dan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas X SMK.
Kata Kunci : STAD (Student Team Achievement Divison), Jigsaw dan Hasil Belajar PPKn
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9923
Article Metrics
Abstract view : 194 timesPDF - 185 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Tria Oktavia, Nani Mediatati, Yosaphat Haris Nusarastriya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.