KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS DAN CTL BERBANTU MEDIA BENDA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9914Abstract
Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ts-Ts Dan CTL Berbantu Media Benda Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui (1) Ada atau tidak perbedaan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen 1, eksperimen 2 dan kontrol, (2) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas kontrol. (3) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih baik dari pada kelas kontrol, (4) Ada atau tidak perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian post test only control design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Anava, uji-t satu pihak, dan Uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga eksperimen 1, eksperimen 2 dan kontrol memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar.Kata Kunci : Model TS-TS, CTL, Media Benda ManipulatifDownloads
Published
2018-06-05
How to Cite
Kusuma, I. R., Shodiqin, A., & Listyarini, I. (2018). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS DAN CTL BERBANTU MEDIA BENDA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(3), 192–198. https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9914
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2018 Intan Ratna Kusuma, Ali Shodiqin, Ikha Listyarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.