KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS DAN CTL BERBANTU MEDIA BENDA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V
Abstract
Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ts-Ts Dan CTL Berbantu Media Benda Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui (1) Ada atau tidak perbedaan rata-rata hasil belajar dari kelas eksperimen 1, eksperimen 2 dan kontrol, (2) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas kontrol. (3) Apakah rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 2 lebih baik dari pada kelas kontrol, (4) Ada atau tidak perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian post test only control design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Anava, uji-t satu pihak, dan Uji-t dua pihak. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketiga eksperimen 1, eksperimen 2 dan kontrol memiliki perbedaan rata-rata hasil belajar.
Kata Kunci : Model TS-TS, CTL, Media Benda Manipulatif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9914
Article Metrics
Abstract view : 175 timesPDF - 166 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Intan Ratna Kusuma, Ali Shodiqin, Ikha Listyarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.