KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS IV SD
Abstract
Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantu Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu media ular tangga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas IV SD. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Experimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 86,7 dan kelas kontrol adalah 71,9. Berdasarkan analisis uji T (uji dua pihak) diketahui thitung> ttabel (3,984 > 1,995) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya kemampuan pemecahan masalah pada kelas penerapan model Teams games Tournament (TGT) berbantu media ular tangga lebih baik dari kelas menggunakan pembelajaran konvensional. Pada analisis uji gain, kelas eksperimen memiliki nilai gain 0,78 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol memiliki nilai gain 0,51 dengan kriteria sedang.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i3.9926
Article Metrics
Abstract view : 565 timesPDF - 412 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Irfan Rizki Nugroho, Ikha Listyarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.