Author Guidelines

PANDUAN PENULIS JS (JURNAL SEKOLAH)

 

  1. Artikel yang ditulis untuk jurnal mencakup Sektor Pendidikan, yang berhubungan dengan pembelajaran, hasil penelitian, dan pengabdian masyarakat. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, berukuran 11 poin, dengan spasi 1,15; dicetak pada kertas A4 dengan panjang maksimum 15 halaman, Margin: Top 3, kiri 4, bawah 3, kanan 3 dan diserahkan dalam bentuk cetak-keluar dari 1 salinan bersama dengan soft copy. Pengiriman naskah juga bisa dilakukan sebagai lampiran e-mail ke alamat: jurnalsekolah@unimed.ac.id.
  2. Artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Sistematika artikel adalah: judul, nama penulis, institusi penulis, email, abstrak bersama dengan kata kunci, pendahuluan, metode, diskusi, kesimpulan, dan daftar rujukan.
  3. Judul artikel tidak boleh lebih dari 15 kata. Judulnya dicetak dengan huruf kapital berbentuk piramida terbalik dan terletak di tengah, dengan ukuran font 11 pts.
  4. Nama penulis artikel ini dimasukkan tanpa gelar akademik, disertai oleh lembaga asal dan alamat email, dan ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam kasus naskah yang ditulis oleh tim, editor hanya berurusan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pertama. Penulis utama harus menyertakan e-mail (e-mail).
  5. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Times New Roman letters, berukuran 10 poin, dengan spasi 1. Panjang setiap abstrak maksimum 100 kata, sedangkan jumlah kata kunci adalah 3-5 kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan diskusi singkat.
  6. Bagian pengantar berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil tinjauan literatur, dan tujuan penelitian. Semua bagian pengantar disajikan dalam bentuk yang terintegrasi dalam paragraf, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  7. Bagian dari metode ini berisi paragraf dalam bentuk desain penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang mengandung 10-15% dari total panjang artikel.
  8. Bagian diskusi berisi hasil analisis, penyajian studi material dan perbandingan.
  9. Bagian kesimpulan berisi temuan penelitian dalam bentuk jawaban atas pertanyaan penelitian atau dalam bentuk esensi dari hasil diskusi. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  10. Daftar rujukan hanya berisi sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus terdaftar dalam daftar rujukan. Sumber referensi setidaknya 80% dalam bentuk perpustakaan publikasi dalam 10 tahun terakhir. Referensi yang digunakan adalah sumber buku, internet, artikel penelitian di jurnal atau laporan penelitian (termasuk tesis, tesis, disertasi). Artikel yang dimuat dalam jurnal ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai referensi.
  11. Referral dan mengutip menggunakan teknik rujukan yang dikurung (nama belakang, tahun). Pencantuman sumber dalam kutipan langsung harus disertai dengan deskripsi nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh (Davis, 2003: 47).
  12. Daftar referensi disiapkan dengan cara yang mirip dengan contoh berikut dan diurutkan berdasarkan abjad dan kronologis.

 

Book:

Halimatussakdiah. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Medan: Unimed Press.

Kumpulan Artikel Buku:

Sidabutar dan Halimatussakdiah (Eds.). 2013. Prosiding Lokakarya tentang Peningkatan Kemampuan Siswa untuk Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan Karya Ilmiah Berkarakter Karakter (Edisi Pertama, cetak pertama). Medan: Unimed Press.

Artikel di buku koleksi artikel:

Halimatussakdiah. 2013. Pendidikan Bahasa dan Karakter Bahasa Indonesia. (Eds). Prosiding Lokakarya tentang Peningkatan Kemampuan Siswa untuk Merancang, Melaksanakan dan Melaporkan Karya Ilmiah Membangun Karakter (hal. 5-10). Medan: Unimed Press.

Artikel dalam jurnal:

Faisal, dkk. 2018. Penguatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Tematik sebagai Upaya Mengoptimalkan Kurikulum 2013 di SD Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal JPKM, Vol. 21 (1), 2018. Universitas Negeri Medan.

Gandamana, Apiek. 2015. Strategi Pengembangan Profesi Guru sebagai Upaya Membangun Bangsa Moral dan Karakteristik (Jurnal Handayani Vol 4 No. 1): Universitas Negeri Medan.

Dokumen resmi;

Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Pedoman Pengelolaan Pengembangan Profesi Berkelanjutan (PKB). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2010. Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Buku Terjemahan.

Creswell, John. 2015. Penelitian Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Terjemahan oleh Helly P.Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto, 2015. Surabaya: Perpustakaan Nasional. Hasil, Tesis, Tesis, Laporan Disertasi.

Halimatussakdiah dan Khairul Anwar. 2016. Bantuan IbM untuk Pemenuhan Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Guru SDN. 101801 dan SDN. 108075 Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. Laporan Hasil Pelayanan Masyarakat. Medan: Universitas Negeri Medan LPM. Seminar, lokakarya, peningkatan makalah.

Masri, Laurensia. 2016. Strategi Pengembangan Profesi Guru sebagai Upaya Membangun Bangsa Moral dan Karakteristik. Medan: Konaspi. Internet (artikel di jurnal online): Faisal. Jawab Dinam.