PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN

Jefri Kurniawan Korua, Sahat Siagian, Abdul Hamid K

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran Role Play. Penelitian ini dilaksanakan kepada semua siswa kelas IX yang berjumlah tujuh laki-laki dan delapan perempuan. Data dianalisis dengan mempergunakan teknik : (1) reduksi data, (2) sajian deskriptif, dan (3) verifikasi atau penarikan kesimpulan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal sesuai dengan penilaian yang berlaku dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP  Bethany Medan.  Kondisi awal kemampuan siswa sebelum pelaksanaan tindakan adalah 40%, dan hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Role Play dapat meningkatkan minat belajar yang sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan yaitu 53% pada Siklus I menjadi 80% pada Siklus II. Hasil PTK  ini diharapkan dapat menjadi masukan yang berharga bagi para guru PAK untuk dapat memilih dan mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang dipelajari secara efisien, efektif, berdaya tarik, dan humanis mengingat fungsi, tujuan, dan ruang lingkup PAK yang strategis dalam mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan siswa yang berakhlak mulia, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Kata Kunci: pendidikan agama kristen (pak), model pembelajaran bermain peran

 

 

Abstract: The objectives of this Classroom Action Research were to improve students’ interest in attending the instructional process of Christian Education through the application of Role Play and learning achievement through Role Play model. The reasearch was conducted to all Grade IX students comprising of seven boys and eight girls. The instruments used were : (1) observation sheet, (2) questionnaire, and (3) learning performance evaluation. The data were analysed using the technique of: (1) data reduction, (2) descriptive presentation, and (3) verification or drawing conclusion based on the Minimal Mastery Criteria with the score of 75 in line with the scoring system applied in the Educational Unit Level Curriculum of Bethany Junior High School Medan. The initial condition of the students’ achievement before the conduction of the treatment was 40%, and the results of the analyses show that Role Play model  can improve students’ interest which is in line with the significant improvement in learning achievement i.e. from 53% in Cycle I to 80% in Cycle II. The CAR findings is expected to give a valuable input to Christian Education teachers in choosing and developing the instructional model based on the students’ characterictics and the learning materials should be efficient, effective, interesting, and hamunism by consedering the function, objective, and scope of Christian Education  which is very strategic in supporting the transformation at the students environment with noble character, faith, and devotion to God The Almighty.

 

Keywords: christian religious education (pak), role playing learning model


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12580

Article Metrics

Abstract view : 474 times
PDF - 290 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.