HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI, PENGETAHUAN TUJUAN INSTRUKSIONAL, DAN SUMBER BELAJAR DENGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Hubungan motivasi berpestasi dengan keterampilan menjelaskan; (2) Hubungan pengetahuan tujuan instruksional dengan keterampilan menjelaskan; (3) Hubungan sumber belajar dengan keterampilan menjelaskan; dan (4) Hubungan motivasi berprestasi, pengetahuan tujuan instruksional, dan sumber belajar secara bersama-sama dengan keterampilan menjelaskan guru PAI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 orang guru PAI di Sekolah Negeri Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestas dengan keterampilan menjelaskan; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tujuan instruksional dengan keterampilan menjelaskan; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara sumber belajar dengan keterampilan menjelaskan; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi, pengetahuan tujuan instruksional dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan keterampilan menjelaskan bagi guru.
Kata Kunci: motivasi berprestasi, pengetahuan tujuan instruksional, sumber belajar keterampilan menjelaskan guru, pendidikan agama islam
Abstract: This study aims to find out (1) the relationship of motivation for achievement with explaining skills; (2) Relationship of instructional objectives knowledge with explaining skills; (3) Relationship between learning resources and explaining skills; and (4) Relationship between achievement motivation, instructional objectives knowledge, and learning resources together with the skills to explain PAI teachers. This research is a descriptive correlational study. The population and samples in this study were 35 PAI teachers in the Wampu District School in Langkat District. The results of hypothesis testing indicate that: (1) there is a significant relationship between achievement motivation and explaining skills; (2) there is a significant relationship between the knowledge of instructional objectives and explaining skills; (2) there is a significant relationship between learning resources with explaining skills; (3) there is a significant relationship between achievement motivation, knowledge of instructional goals and achievement motivation together with explanatory skills for the teacher.
Keywords: achievement motivation, knowledge of instructional goals, learning resources, teacher explained skills, Islamic religious education
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12584
Article Metrics
Abstract view : 419 timesPDF - 397 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.