PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN
DOI:
https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12591Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori; (2) Perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar PKn siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada model pembelajaran ekspositori; (2) rata-rata hasil belajar PKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada minat belajar rendah; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PKn. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar PKn Abstract: This study aims to determine: (1) Differences in learning outcomes of Civics between students taught by STAD type cooperative learning model and students are taught by expository learning model; (2) differences in learning outcomes between students who have high learning interest and students who have low learning interest; (3) The interaction between the learning model and the interest of learning on the learning outcomes of Civics. The results of this study indicate that: (1) the average of students' learning outcomes taught by STAD type cooperative learning model is higher than the expository learning model; (2) average learning outcomes of Civics students who have high learning interest higher than low learning interest; (3) there is an interaction between the learning model and the students' learning interest in influencing the learning outcomes of Civics. Keyword: Learning Models, Interest to Learn, Learning outcomes CivicsDownloads
Published
28-02-2019
How to Cite
Herlina, T., Sitompul, H., & Mursid, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(2), 221–231. https://doi.org/10.24114/jtp.v11i2.12591
Issue
Section
Articles
License

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.