PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAP DAN EKSPOSITORI DENGAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERKANTORAN

Darmauli .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah Perbedaan hasil belajar Teknologi Perkantoran antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map dan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, Perbedaan hasil belajar Teknologi Perkantoran antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dengan yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Teknologi Perkantoran. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, berjumlah 145 orang yang berasal dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar Teknologi Perkantoran siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, hasil belajar Teknologi Perkantoran siswa yang memiliki gaya belajar Kinestetik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual, terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Teknologi Perkantoran . Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan hasil belajar Teknologi Perkantoran siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran Mind Map, sedangkan hasil belajar Teknologi Perkantoran siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi bila diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori.

 

Kata Kunci:strategi pembelajaran, mind map, ekspositori, teknologi perkantoran

 

Abstract: The research objectives are: differences in office technology learning outcomes between students taught with mind map learning strategies and student learning outcomes taught with expository learning strategies, differences in office technology learning outcomes between students who have visual learning styles with which has a kinesthetic learning style, and the interaction between learning strategies and learning styles on the learning outcomes of office technology. The population of this study was all students of class X, totaling 145 people from 4 classes. The sampling technique is done by cluster random sampling. The research method that uses a quasi-experimental method with a 2 x 2 factorial research design. Data analysis techniques using two-way ANOVA at a significance level α = 0.05. The research findings show that: the learning outcomes of office technology students taught with mind map learning strategies are higher than the learning outcomes of students taught with expository learning strategies, learning outcomes of office technology students who have higher kinesthetic learning styles rather than student learning outcomes that have a visual learning style, there is an interaction between learning strategies and learning styles on learning outcomes of office technology. The calculation of further tests with the scheffe test shows the learning outcomes of office technology students who have higher kinesthetic learning styles when taught with mind map learning strategies, whereas office technology learning outcomes of students who have higher visual learning styles when taught with expository learning strategies.

 

Keywords: learning strategies, mind maps, expository, office technology

Full Text:

PDF

References


Achmadi. (1993). Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media.

Bahaudin. Taufik. (1999). Brainware Management: Generasi Kelima Manajemen Manusia. Elex Media Komputindo: Jakarta.

DePorter, B, Dkk .(2007). Quantum Teaching. Bandung : Penerbit Kaifa.

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. (2013). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning.

Djamarah, Syaiful B, & Zain, Aswan, (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Gagne. Robert M, (1989). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). Jakarta: PAU Dirjen Dikti Depdikbud.

Jensen, Eric. (2008). Brain Based Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Olivia, Femi. (2008). Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta : Gramedia

Porter. De Bobbi dan Hernacki. (2009). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Slameto.( 2003). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sugiarto, Iwan. (2004). Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berfikir Holistik dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.17993

Article Metrics

Abstract view : 344 times
PDF - 219 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.