PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TINGKAT KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

Jamilah .

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian adalah: mengetahui hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)  siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan  strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar PKn  siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori, mengetahui hasil belajar PKn  antara siswa dengan tingkat komunikasi interpersonal tinggi dengan hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal rendah, mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar PKn. Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 116881 Torgamda dengan Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Metode penelitian yang menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar PKn siswa dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Hasil belajar siswa yang memiliki komunikasi interpesonal tinggi lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar PKn.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, tipe STAD, ekspositori, pendidikan kewarganegaraan

 

Abstract: The research objectives are: knowing the learning outcomes of Civics Education students who are taught using STAD type cooperative learning strategies and student Civics learning outcomes that are taught with expository learning strategies, knowing the Civics learning outcomes between students with high levels of interpersonal communication with learning outcomes students with low interpersonal communication, knowing the interaction between learning strategies and interpersonal communication on Civics learning outcomes. The study population was 116881 Torgamda State Elementary School students with the sampling technique carried out by cluster random sampling. The research method that uses a quasi-experimental method with a 2 x 2 factorial research design. Data analysis techniques using two-way ANOVA at a significance level α = 0.05. The results showed that: Student learning outcomes Civics with STAD cooperative learning strategies are better than Expository learning strategies. The learning outcomes of students who have high interpersonal communication are better than the learning outcomes of students who have low interpersonal communication. There is an interaction between learning strategies with interpersonal communication in influencing Civics learning outcomes.

 

Keywords: learning strategies, STAD type, expository, citizenship education

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2001. Learning to Teach, Fifth Edition. New York: Graw-Hill company

Cangara, H. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi, cetakan V. Jakarta: Raja Grafindo.

Daulay, P Jamil (2009). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri 1 Medan: Tesis PPS Unimed

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Ilmu Pengetahuan Sosial . Jakarta: Dep. Pendidikan Nasional

Dimyati dan Moedjiono (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineke Cipta.

Efendi, OC (1984). Ilmu Komunikasi, Bandung : Rosdakarya.

Gagne, R.M. & Briggs, L.J. (1979). Principles of Intructional Design. New York: Holt Rinehart and Winston.

Gagne, R.M. (1985). The Condition of Learning and The Theory of Intruction (4 th Edition). New York: Holt Rinehart and Winston.

Hamalik, O. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekata Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim, M, dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: university Press.

Lie, A. (2004). Cooperative Lerning: Mempraktikkan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas. Jakarta. Grasind

Moehammad, A. (2007). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Nadeak, I. Salam (2008). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Binjai: Tesis PPS Unimed

Presiden RI. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Armas Duta Jaya

Safaria, T. (2005) Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books

Thoha, M. (2003) Prilaku Organisasi. Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: Rajagrafindo persada.

Walfarianto & Sri Rejeki. (2009). Pendidikan PKn SD. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Wuri Wuryandani & Fathurrohman.( 2012). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Ombak.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.17996

Article Metrics

Abstract view : 316 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.