PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DENGAN MASYARAKAT BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan yang diajar dengan model pembelajaran masyarakat belajar, (2) Perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial, (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 118299 Aek Raso, Teknik penarikan dengan cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajarn inkuiri lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran masyarakat belajar, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan yang signifikan pada hasil belajar matematika antara model pembelajaran inkuiri dan masyarakat belajar, begitu pula anatara gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial.
Kata Kunci: model pembelajaran, inquiri, masyarakat belajar, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, matematika
Abstract: This study aims to find out: (1) Differences in mathematics learning outcomes between students taught with inquiry learning models and those taught with learning communities learning models, (2) Differences in mathematics learning outcomes between students who have visual learning styles and auditory learning styles , (3) the interaction between learning models and learning styles on learning outcomes in mathematics. The population of this research is all students of grade VI of State Elementary School 118299 Aek Raso, withdrawal technique with cluster random sampling. The research method uses a quasi-experimental method with a 2 x 2 factorial research design. Data analysis technique uses two-way ANOVA at a significant level α = 0.05. The research findings show that: (1) the learning outcomes of students who are taught with inquiry learning models are higher than the learning outcomes of students taught with learning models of learning communities, (2) the results of learning mathematics students who have higher visual learning styles than student learning outcomes which has an auditory learning style, (3) there is an interaction between the learning model and learning style on learning outcomes in mathematics. Further test calculations with the Scheffe test show significant differences in mathematics learning outcomes between inquiry learning models and learning communities, as well as between visual learning styles and auditory learning styles.
Keywords: learning model, inquiry, learning society, visual learning style, auditory learning style, mathematics
Full Text:
PDFReferences
Amin, Moh. (1987). Mengajarkan Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Metode “Discovery” dan “Inquiry”. Jakarta: Depdikbud-Dirjen Dikti.
Dahar, Ratna Wilis, (1989), Teori Belajar, Jakarta : Erlangga Press
Daradjat, Zakiah. (20050. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah. Jakarta : Ruhama.
Departemen Pendidikan Nasional, (2006), Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
DePorter, Bobbi dan Mike Hernacki. (1992). Quantum Learning: Unleasing The Genius In You. New York: Dell Publishing. Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman. h. 310.
Dryden, Gorden dan Jeanette Vos. (2003). The Learning Revoluton. Bandung : Kaifa.
Fudyartanta. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Yogyakarta: Global Pustaka Utama
Gunawan, Adi. (2004). Genius Learning Strategy petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hadi, Sutrisno. (2006). Metodologi Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hasibuan, JJ. dan Mujiono. (1993). Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ibnu, Mukhadis, Dasna, (2003). Dasar-dasar Metodologi Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.
Joyce, B & Weil. (2009). Model-model Pengajaran. Edisi 8. Terjemahan A. Fuwaid & A. Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Madden, Thomas L. (2002). Fire-Up. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
McMillan, D.W., & Chavis, D.M. (1986). Sense of community: A definition and theory. American Journal of Community Psychology, 14 (1), 6-23.
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta; PT. Grasindo
Sinaga, Bornok. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Disertasi. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Sudjana, Nana. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sutrisno. (2012). Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (4)
Tirtarahardja, Umar & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik: Konsep, landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wardani. (2005). Pembelajaran dan Penilaian hasil Belajar Matematika SMP Aspek Pemahaman Konsep, Penalaran dan Komunikasi, Pemecahan Masalah. Yogyakarta: PPPGN Matematika.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.17997
Article Metrics
Abstract view : 770 timesPDF - 640 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.