PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DENGAN EKSPOSITORI DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Bazihaogo Hondro

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Discovery dan Strategi Ekspositori, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki Gaya Berpikir Divergen dan Gaya Berpikir Konvergen (3) interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dan Gaya Berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Gunung Sitoli. Teknik penarikan sampel dengan cluster random sampling. Hasil penelitian diperoleh: (1) hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Discovery lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori, (2) hasil belajar Matematika siswa yang memiliki Gaya Berpikir Divergen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki Gaya Berpikir Konvergen, dan (3) terdapat interaksi antara penggunaan Strategi pembelajaran dengan Gaya Berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika. Dari hasil uji Scheffe  diperoleh (1) Rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Discovery berdasarkan Gaya Berpikir Divergen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori, (2) Rata-rata hasil belajar Matematika siswa dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori berdasarkan Gaya Berpikir Konvergen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar Matematika siswa dengan Strategi Pembelajaran Discovery.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, diiiscovery learning, ekspositori, gaya berfikir, matematika

 

Abstract: This study aims to find out: (1) differences in mathematics learning outcomes between students who are taught using the Discovery Strategy and Expository Strategy, (2) find out the differences in learning outcomes of students who have Divergent Thinking Styles and Convergent Thinking Styles (3) interactions between uses Learning strategies and Thinking Styles in influencing student learning outcomes in Mathematics. The population of this research is the XI grade students of Vocational School 2 Gunung Sitoli. The sampling technique is cluster random sampling. The results were obtained: (1) students 'Mathematics learning outcomes taught using Discovery Learning Strategies were higher than students' Mathematics learning outcomes who were taught using Expository Strategies, (2) Mathematics learning outcomes of students who had higher Divergent Thinking Styles compared to students who have Convergent Thinking Styles, and (3) there is an interaction between the use of learning strategies with Thinking Styles in influencing Mathematics learning outcomes. From the Scheffe test results obtained (1) Average Mathematics learning outcomes of students who are taught with Discovery Learning Strategies based on Divergent Thinking Styles are higher than the average Mathematics learning outcomes of students who are taught with Expository Learning Strategies, (2) Average results Mathematics learning of students with Expository Learning Strategies based on Convergent Thinking Styles is higher than the average student learning outcomes of Mathematics with Discovery Learning Strategies.

 

Keywords: learning strategies, diiiscovery learning, expository, thinking style, mathematics

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2010). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrori, Mohammad.(2007). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Arikunto,S. (2009). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto,S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Bruner,J.S. (1966). Toward A Theory of Instructional. New York: Norton

Dimyati dan Mujiono.(2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depenas. (2004). Materi Pelatihan Terintegrasi. Matematika. Jakarta: Bagian Proyek Pengembangan Sistem dan Pengendalian Program

Gagnẻ, Robert M and Briggs, Leslie J ( 1979). Principles of Instructional Design. Second Edition. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hamalik, O. (1993), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid,K,A. (2009). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan: Unimed

Munandar,Utami.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratumanan, T.G. (2004). Belajar dan Pembelajar. Surabaya: UNESA University.

Roestiyah.(2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya W.(2008). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, J.W. (2010), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sihombing, T.(2009). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Berpikir Terhadap Hasil Belajar Fisika ( Suatu studi Eksperimen Di SMA Swasta Hang Tuah Belawan) Medan. Tesis tidak diterbitkan. Medan. PPS Unimed

Sloane, Paul (2011). How to be a Brilliant Thinker. Alih bahasa Riga D. Ponziani: Jakarta: Gramedia

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana

Winkel,S.(2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.17998

Article Metrics

Abstract view : 492 times
PDF - 364 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.