PENERAPAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI FENOMENA SOSIAL

Sarles Pandiangan

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah Penerapan Media Gambar Peristiwa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial pada Siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sidikalang pada siswa kelas XI TKJ 2 T.P. 2017/2018 dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian diperoleh: (1) Perubahan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran teks eksplanasi menunjukkan adanya perubahan semakin positif. Pada pra siklus siswa yang siap menerima pembelajaran baru mencapai 47,22% dengan kategori kurang, pada siklus I meningkat menjadi 61,1% dan pada siklus II menjadi 80,56% kategori baik. Sedangkan keaktifkan siswa pra siklus hanya mencapai 47,22% siswa terlihat aktif dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi, meningkat menjadi lebih baik menjadi 77,78% kategori baik pada siklus I, dan pada siklus II jumlah siswa yang aktif meningkat menjadi 86,11% kategori baik. (2) Peningkatan kemampuan menulis teks eksplanasi fenomena sosial menggunakan media gambar peristiwa mengalami peningkatan. Pada tes awal rata-rata yang dicapai adalah 71,56 dengan ketuntasan 25,0%. Pada siklus I rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi mencapai 75,47 dengan ketuntasan 58,33%. Pada siklus II rata-rata kemampuan menulis teks eksplanasi meningkat menjadi 78,56 dengan ketuntasan 80,56%. (3) Adanya perbedaan kemampuan menulis teks eksplanasi fenomena sosial menggunakan media gambar peristiwa  siswa yang signifikan dan positif antar siklus.

 

Kata Kunci: media gambar, kemampuan menulis, teks eksplanasi, fenomena sosial.

 

Abstract: The purpose of this study is the Application of Event Image Media to Improve the Capability of Writing Phenomenon of Explanation of Social Phenomena in Students. This research was carried out at Vocational High School Negeri 1 Sidikalang in class XI TKJ 2 T.P. 2017/2018 with the Action Research method. The subjects of this study were 36 students of class XI TKJ 2. The results were obtained: (1) Changes in students' attitudes and interests in learning explanatory texts showed that there were increasingly positive changes. In pre-cycle students who were ready to receive new learning reached 47.22% with less categories, in the first cycle increased to 61.1% and in the second cycle to 80.56% the good category. Whereas the activeness of pre-cycle students only reached 47.22% of students seen actively in learning to write explanatory texts, increasing to be better to 77.78% both categories in the first cycle, and in the second cycle the number of active students increased to 86.11% categories good. (2) Increasing the ability to write explanatory texts of social phenomena using the media picture of events has increased. In the initial test the average achieved was 71.56 with completeness of 25.0%. In the first cycle, the average ability to write explanatory texts reached 75.47 with 58.33% completeness. In the second cycle the average ability to write explanatory texts increased to 78.56 with 80.56% completeness. (3) There is a difference in the ability to write explanatory text on social phenomena using media images of significant and positive student events between cycles.

 

Keywords: image media, writing ability, explanatory text, social phenomena.

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsyad, dan Sakura H. Ridwan. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Aisyah, Nur. (2013). “Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Berbahasa Jawa dengan Media Gambar pada Siswa Kelas XI TKR. D SMK Muhammadiyah Kutowinangun Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013”. Jurnal Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa Universitas Muhammadiyah Purworejo, 02 (1), 20-29.

Arikunto, dkk. (2009). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Herlinda, Binan. (2013). “Penggunaan Media Gambar Pemandangan dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas VIII SMP N 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan untuk SMP/Mts Kelas VII: Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mantiq, Eka Sari. (2016). “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Fenomena Sosial Menggunakan Media Gambar Peristiwa pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kebumen Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Nurgiyantoro, Burhan. (2012). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sadiman, Arif S, dkk. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Yuliyanti. (2015). Diakses 8 Nopember 2017 “Efektivitas Strategi QUIP (questions into paragraphs) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Imogiri Bantul DIY”. Skripsi. Diakses 8 Nopember 2017, dari http://digilib.unnes.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18001

Article Metrics

Abstract view : 813 times
PDF - 742 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.