MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN TES HASIL BELAJAR MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN

Aguswati Gulo

Abstract


hasil belajar melalui bimbingan berkelanjutan di SMA Negeri 1 Blangkejeren. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri atas 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri 1 Blangkejeren tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 41 orang guru. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif  komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dapat dismpulkan bahwa dengan adanya penerapan bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun tes hasil belajar di SMA Negeri 1 Blangkejeren T.P 2018/2019. Hal ini dapat diketahui dari hasil penelitian dimana penilaian yang dilakukan oleh peneliti di kondisi awal rata-rata yang diperoleh adalah 65,02 dengan indicator tidak kompeten dan pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,47 dengan katagori cukup kompeten selanjutnya pada siklus 2 mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata76,84 dengan katagori cukup kompeten.

 

Kata Kunci: Tes Hasil Belajar dan Bimbingan Berkelanjutan.

 

Abstract. The purpose of this study was to determine the increase in the ability of teachers to compile test results through continuous guidance in high school 1 Blangkejeren. The research method used was a School Action Research consisting of 2 cycles. The subjects of the study were 41 high school teachers in Blangkejeren 1 2018/2019 academic year. Data analysis uses comparative descriptive analysis techniques by comparing initial conditions with the results achieved in each cycle, and qualitative descriptive analysis of observations by comparing observations and reflections in cycle I, and cycle II. The results of the study can be concluded that the application of ongoing guidance can improve teacher competency in compiling test results in high school 1 Blangkejeren T.P 2018/2019. This can be seen from the results of the study in which the assessment conducted by researchers in the initial conditions the average obtained was 65.02 with incompetent indicators and in cycle 1 an average value of 71.47 was obtained with the category of competent enough next in cycle 2 an increase with an average value of 76.84 with the category of competent enough.

 

Keywords: Learning Outcomes Test and Continuing Guidance

Full Text:

PDF

References


Bangun,Wilson. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Erlangga

Barinto. (2012). Hubungan Kompetensi Guru dan supervise Akademik dengan Kinerja Guru SMPNegeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan, Jurnal Tabularasa PPs Unimed 9 (2) 201-214

Departemen Pendidikan Nasional (2008). Panduan Analisis Butir Soal. Jakarta : Depdiknas

Hill, R.B. (1997). The Design og an Instrument to Assess Problem Solving Activities in Technology Education. Journal ofTechnology Education. 9 (1) 1, 3146.

Kemendikbud (2014). Supervisi Akademik. Bahan Pembelajaran Utama PKB Kepala Sekolah. Jakarta: Pusbangtendik BPSDMPK dan PMP

Mimin Haryati. (2007). Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung persada press. Jakarta:

Mulyasa (2007). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nana, Sudjana. (2012). Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 16 Tahun 2007, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Rasyid, Harun, dkk. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Safari. (2008). Penulisan Butir Soal Berdasarkan KTSP. Jakarta: APSI

Saragih, A. Hasan. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar, Jurnal Tabularasa PPsUnimed, 5 (1) 23-34 Juni

Siagian, S.P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta:Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v13i1.18003

Article Metrics

Abstract view : 326 times
PDF - 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.