KONTRIBUSI MODEL SIMULASI TIK UNTUK MENUMBUHKAN BERPIKIR LOGIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Shobiroh Ulfa Kurniyawati, Andi Prastowo

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran simulasi berbasis TIK dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan berpikir logis siswa kelas IV SD/ MI dalam pembelajaran matematika ?. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis siswa dalam pembelajaran matematika serta persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dipahami dan menakutkan, sehingga dihadirkan sebuah inovasi dengan memanfaatkan model simulasi berbasis TIK. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan desain penelitian kepustakaan (library research), sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mencari berbagai dokumentasi dari beberapa jurnal yang relevan dengan penelitian ini, kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Jurnal yang digunakan adalah  terbitan sepuluh tahu terakhir yaitu mulai tahun 2010-2020. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa model simulasi berbasis TIK yang diterapkan dalam pembelajaran dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan berpikir logis siswa, dengan kata lain model pembelajaran simulasi berbasis TIK dapat menumbuhkan kemampuan berpikir logis siswa kelas IV SD/ MI. Hal ini dapat dilihat dari analisis 33 artikel yang relevan dengan penelitian ini, sehingga dapat dipakai dalam menentukan kesimpulan

Kata Kunci : simulasi, tik, berpikir logis

Abstract :This study aims to determine Whether the ICT-based simulation learning model can contribute to the logical thinking skills of grade IV SD/ MI students in mathematics learning. This research is motivated by the low ability of students to think logically in mathematics learning and students’ perceptions of learning mathematics which is difficult to understand and scary, so that an innovation is presented by utilizing an ICT-based simulation model. The methodology used in this research is descriptive qualitative method with library research desaign, while the data collection technique is done by looking for various documentation from several journal relevant to this research, then analyzed and conclusions drawn. The journal used are those of the last ten years, starting from 2010-2020. The results of this study indicate that the ICT-based simulation model applied in learning can contribute to student’s logical thinking skills, in other words, the ICT-based simulation learning model can foster logical thinking skills in grade IV SD/ MI students. This can be seen from the analysis of 33 articles relevant to this research, so that it can be used in determining conclusions.

Keywords : simulation, ict, logical thinking


Keywords


Keywords : Simulation, ICT, Logical Thinking

Full Text:

PDF

References


Ama Ki`i, O., & Egidius Dewa. (2020). Simulasi Phet Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.294

Andriawan, B., & Budiarto, M. T. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Ardiyanta, A. S. (2017). Desain Prototipe Media Pembelajaran Simulasi Sistem Rem Mobil untuk Pembelajaran Siswa SMK Jurusan Otomotif. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika). https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.372

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307

Atma, K. E. (2020). Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran PPKN Melalui Penerapan Model Take and Give. Journal Civics & Social Studies. https://doi.org/10.31980/civicos.v4i1.821

Cicik Setyawati, Harto Nuroso, W. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Berbantuan Buletin untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 6. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.2.1060

Dwi, Ade, & Silvia. (2013). Meningkatkan Partisipasi Belajar Matematika melalui Pemberian Penguatan Menggunakan Tabel Berhadiah pada Siswa Kelas V.

Faradina, A., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.129-151

Fatma Dewi Wahyu Aji. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, 2.

Fauzi., F., & Monawati., M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematika dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 6. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10704

Gafar, A. (2008). Penggunaan Internet Sebagai Media Baru dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 8.

Hasyim, I. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN Konsep Mendeskripsikan Pengertian Organisasi melalui Penerapan Metode Simulasi pada Siswa Kelas V SD Negeri Truko 01 UPTD Pendidikan Kecamatan Bringin Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, 3.

Herayanti, L., & Habibi, H. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.236

Ibrahim, M. I., Awi, A., & Dinar, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Partisipasi Siswa dan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. Issues in Mathematics Education, 1.

Kaniawati, I. (2017). Pengaruh Simulasi Komputer Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Siswa SMA. Pembelajaran Sains, 1.

Lathifah, A. (2019). Analisis Pembelajaran Daring Model Website dan M-Learning Melalui Youtube pada Mata Pelajaran PAI Kelas 2 SD/MI, 5.

Maulana, H. N., Cahyadi, F., & Wijayanti, A. (2020). Model Pembelajaran Inquiry Berbantu Media Poster Edukatif terhadap Keterampilan Berpikir Logis.

Nurbaiti, N., Kosim, K., & Taufik, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1456

Octaria, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang pada Mata Kuliah Geometri Analitik.

Pane, L. Y., Kamid, K., & Asrial, A. (2014). Proses Berpikir Logis Siswa Sekolah Dasar Bertipe Kecerdasan Logis Matematis dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i2.1668

Pertiwi, H., & Masitoh, S. (2020). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Team Product untuk Meningkatkan Kemampauan Berpikir Logis Anak Usia Dini.

Qusyairi. (2020). Pemanfaatan Media dalam Metode Simulasi pada Pembelajaran PAI.

Rahmawati, D. A. (2020). Meningkatkan Berpikir Logis Melalui RME pada Siswa Kelas III SDN Gebang 1 Sidoarjo, 2.

Setyawan, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Word 2007 Untuk Menyajikan Informasi Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas Viii B Semester 1 Smp Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2017/2018, 2.

Sholihah, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Media Puzzle Angka. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 1. https://doi.org/10.22460/ceria.v1i5.p13-22

Sudjana, N. (2003a). Metode dan Tekhnik Kegiatan Belajar Partisipatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudjana, N. (2003b). Metode Dan Teknik Belajar Partisipatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, (2012th ed.). Bandung: Alfabeta.

Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4828

Utami, P. B., Suyatna, A., & Viyanti. (2019). Pemanfaatan Media TIK Simulasi Sebagai Suplemen Demonstrasi pada Pembelajaran Alat Ukur Di SMP.

Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3, 26. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i1.520

Yahya, F., & Fitriyanto, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa SMA Pada Materi Elastisitas. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i3.426

Yuliyanto, R. M. (2020). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dan Hasil Belajar Matematika, 4.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.26121

Article Metrics

Abstract view : 833 times
PDF - 595 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.