PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL BAHASA INGGRIS BAGI MAHASISWA BISNIS DI ERA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital bahasa Inggris bagi mahasiswa Bisnis di era pandemic covid-19 yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini menggunakan rancangan research and development berupa pengembangan dan validasi produk dengan subjek uji terdiri dari 2 ahli pembelajaran, 2 teman sejawat, dan 30 mahasiswa untuk validasi uji produk. Data dikumpulkan melalui kuisoner, dengan hasil penelitian menunjukkan: (1) skor rata-rata uji ahli validasi oleh ahli materi sebesar 3,72 dan skor rata-rata uji oleh ahli media sebesar 4,29 yang berkualifikasi sangat baik dan dilakukan perbaikan ringan, (2) skor rata-rata uji oleh 2 teman sejawat dosen sebesar 4,66 berkualifikasi sangat baik dan dilakukan perbaikan ringan, (3) Skor rata-rata asil validasi produk oleh 30 mahasiswa sebesar 4,41 yang berkualifikasi sangat baik. Demikian dapat disimpulkan bahwa modul digital bahasa Inggris bagi mahasiswa bisnis dapat dinyatakan layak dan mudah digunakan.
Kata kunci: modul digital, media pembelajaran, bahasa Inggris, penelitian dan pengembangan.
Abtract: This research aimed at developing an English module digital for business student during covid-19 outbreak. This study uses a research and development design, in the form of product development and validation with the research subjects consisting of 2 learning experts, 2 colleagues, and 30 students for product validation. The data was collected using questionnaire, with the result showed: (1) average test score by expert of content was 3,72 and average test score by expert of media was 4,29, the qualification is very good and revision was done, (2) average test score by two colleagues was 4,66, the qualification is very good and revision was done, (3) average test by 30 students was 4,41 with very good qualification. It was concluded that English module digital for business student that was developed has completed the standard of qualification and user friendly.
Keywords: digital modul,learning media, English, research and development.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belawati, Tian. (2003). Materi Pokok Pengembangan Bahan Ajar Edisi ke Satu. Jakarta: Universitas Terbuka hal1-3.
Cahyani, Dwi Agnes. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Elektronika Dasar Berbasis Pendidikan Karakter di SMK Piri 1 Yogyakarta: Skripsi UNY.
Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta:Referensi.
Nasution. (2013). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nur, M. (2018). Penerapan ESP Di Perguruan Tinggi Umum (Non English Majors) Melalui Pendekatan Content-based Instruction-cbt. Mabasan, 12(1), 86- 103.
Rusmala, M. (2018, April). Peran Mata Kuliah Bahasa Inggris dalam Pendidikan Vokasi di STKOM Sapta Computer Kalsel. Paper Presented at the Proc.Seminar Nasional Pendidikan: Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi, Dasar dan Menengah.
Satriawati, Helna (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMK N 3 Yogyakarta. Thesis UNY.
Sugiyono. (2016) . Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Wahyuni, Sri. (2015).Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbantu Animasi Micromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa, Jurnal Gema Pendidikan, h 4.
Yaumi, M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar ESP Berbasis TIK. Lentera Pendidikan, 15 (2), 144-160.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.28341
Article Metrics
Abstract view : 714 timesPDF - 597 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.