PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH USAHA PERIKANAN MENENGAH NEGERI PARIAMAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem posing dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk strategi pembelajaran problem posing terdiri 34 siswa dan 34 siswa untuk strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen pengukuran untuk mengukur hasil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang terdiri dari 35 soal. Untuk metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar matematika. Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika untuk strategi pembelajaran problem posing dan strategi pembelajaran ekspositori begitu juga dengan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah.
Kata Kunci: strategi pembelajaran, kreativitas, hasil belajar matematika
Abstract: This study aims to find out: (1) The difference of mathematics learning result of students taught by learning problem posing strategy with mathematics learning result of students who are taught by expository learning strategy, (2) difference of mathematics learning result of students who have high creativity with learning result mathematics students who have low creativity, (3) the interaction between learning strategies and creativity to the results of learning mathematics. The study population was all students of class X of 4 classes. The sampling technique is done by cluster random sampling. The number of research samples for the problem posing learning strategy consisted of 34 students and 34 students for the expository learning strategy. Measurement instruments to measure learning outcomes were used multiple choice test with 5 answer choices consisting of 35 questions. For research method use quasi experimental method with 2 x 2 factorial research design. Technique of data analysis using two path ANOVA at significant level a = 0,05. The findings of the research indicate that: (1) the result of the students' mathematics learning taught by the problem posing strategy is higher than the students' learning result which is taught by the expository learning strategy, (2) the students' mathematics learning result which has higher creativity is higher than the student learning result have low creativity, (3) there is interaction between learning strategy and creativity toward mathematics learning result. Further test calculations by the Scheffe test show significant differences in mathematics learning outcomes for problem posing strategies and expository learning strategies as well as high creativity and low creativity.
Keywords: learning strategy, creativity, learning result of mathematics
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8727
Article Metrics
Abstract view : 272 timesPDF - 182 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.