PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Mhd Ichsan Panggabean

Abstract


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan tipe TGT; (2) Untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui besarnya interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar Matematika. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1)Hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe  Team Games Tournament (TGT). (2)Hasil belajar matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi  lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah; dan (3) Terdapat interaksi antara penggunaan model  pembelajaran kooperatif dan aktivitas belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.

 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif,aktivitas belajar, matematika.

 

Abstract: The purpose of this research is; (1) To know the difference of learning result of Mathematics of students taught by using cooperative learning model of type NHT with TGT type; (2) to know the difference of mathematics learning result of students who have high learning activity and students who have low learning activity; and (3) to know the magnitude of interaction between cooperative learning model and student learning activity toward mathematics learning result. This research method is quasi experiment. The result of the research shows that: (1) The result of learning mathematics of students who are taught by using cooperative learning model of NHT is higher than the students' mathematics learning outcomes learned by cooperative learning model of TGT type. (2) The result of mathematics learning of students who have higher learning activity is higher than the result of learning mathematics of students who have low learning activity; and (3) There is an interaction between the use of cooperative learning model and learning activity in influencing student's mathematics learning outcomes.

 

Keywords: cooperative learning model, learning activity, math.


Keywords


model pembelajaran kooperatif,aktivitas belajar, matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtp.v10i2.8730

Article Metrics

Abstract view : 975 times
PDF - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.