Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Kemampuan Sosial-Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Assisi Medan T.A 2017/2018

Sri Wulan Sari Sembiring, Dorlince Simatupang

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu Posttest-Only Control Group Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelompok B yang ada di TK Assisi Medan yang berjumlah 110 anak.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel secara acak dengan undian.Pengambilan pertama yakni memilih kelas eksperimen dan kelas Kontrol dengan pengundian 2 dari 5 kelas .pengambilan pertama terambil satu kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan pengambilan kedua terambil satu kelas secara acak yakni kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen 25 orang anak dilakukan model pembelajaran Numbered Heads Togetherdan pada kelas kontrol dengan 25 orang anak dilakukan pembelajaran model demonstrasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa anak kelas eksperimen memiliki nilai terendah 6, nilai tertinggi 12 dan nilai rata-rata 10,4 yang lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang memiliki nilai terendah 4 dan nilai tertinggi 11 dengan rata-rata 7,84. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan anak kelas kontrol. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai  = 4,76; nilai ini dibandingkan dengan nilai  dengan (dk =  + ) – 2 = 48 dan taraf α = 0.05). Nilai  dengan taraf α = 0.05 diperoleh 1,694. Sehingga dapat disimpulkan  ˃  atau 4,76 ˃ 1,694. Dengan demikian hipotesis  ditolak dan  diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada pengaruh signifikan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadapkemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Assisi Medan T.A 2017/2018”.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.