Gangguan Pemerolehan Bahasa (Cadel) Pada Orang Dewasa
Keywords:
Gangguan Berbahasa, Pemerolehan Bahasa, Cadel, Pola TuturAbstract
Penelitian ini membahas mengenai gangguan berbahasa yang dialami orang dewasa atau biasa disebut cadel. Disartia (cadel) biasa dikenal dengan sebutan cadel atau merupakan sebuah gangguan berbahasa fonetis yang membuat sang penderita cenderung mengalami adanya penurunan pada tingkat percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya gangguan berbahasa pada usia dewasa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan mengetahui penyebab terjadinya gangguan berbahasa pada orang cadel dapat mempermudah proses berkomunikasi pada orang cadel. Selain itu, dengan adanya pengetahuan kita mengenai pola tutur fonemis khususnya pada penderita cadel dapat menambah wawasan bagi orang lain agar tidak memberikan anggapan yang negatif bagi para penderita gangguan berbahasa tersebut.References
google scolar
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).