Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Bilangan

Authors

  • Dhea Ananda Br Barus Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Habibah Rusly Elly Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Siti Afiqa Rahmah Manik Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Tania Eviana Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Syahrial Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221
  • Doni Irawan Saragih Universitas Negeri Medan, Jl. William Iskandar Ps. V, Kenangan Baru, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20221

DOI:

https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66172

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar sering kali menjadi tantangan bagi siswa, yang menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Hal ini disebabkan oleh sifat abstrak dari konsep-konsep matematika, yang sulit dipahami oleh anak-anak pada tahap perkembangan kognitif konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat dan mengidentifikasi miskonsepsi yang sering terjadi selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kajian literatur, dengan melibatkan beberapa jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan signifikan dalam memahami konsep bilangan, baik bilangan bulat maupun pecahan, yang mencakup aspek teknis perhitungan dan konseptual. Kesulitan ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman terhadap urutan operasi, serta kebingungan dalam membedakan tanda positif dan negatif. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang inovatif dan adaptif, termasuk penggunaan media konkret, pendekatan kontekstual, dan metode pembelajaran yang menarik. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat mengaplikasikan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Agustyaningrum, N., & Paskalia, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.

Anggraeni, T. S., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723

Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70.

Hutagalung, N. T., Nadapdap, S., Aruan, P. A., Nainggolan, T. A. J., Mailani, E., & Rarastika, N. (2024). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami materi bilangan pecahan. Sindoro Cendekia Pendidikan, 10(1), 1–12.

Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Ratnasari, C., Sariningsih, R., & Hendriana, H. (2023). Analisis kesulitan siswa kelas VII pada materi bilangan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(6), 2195–2206.

Rafiah, H. (2020). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami konsep matematika. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 2(2), 335–343.

Sudjana, N., & Ahmad, R. (2007). Teknologi Pengajaran.

Sugiyono, 2010. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 295.

Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43

Suherman, E. (2003). Refleksi Pendidikan di Indonesia. Educare, 2(1), 52–57.

Adilah Nurazani, Dkk (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN 200512 SALAMBUE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu. Volume 8. No 12

Eren Unaenah, Dkk. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MEMINIMALISIR MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 2, No 1

Published

2025-06-20

How to Cite

Barus, D. A. B., Habibah Rusly Elly, Manik, S. A. R., Eviana, T., Syahrial, & Saragih, D. I. (2025). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Bilangan. EDUKASI KULTURA JURNAL BAHASA SASTRA DAN BUDAYA, 12(1), 78–83. https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66172