Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Memahami Konsep Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.24114/edukasikultura.v12i1.66172Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar sering kali menjadi tantangan bagi siswa, yang menganggapnya sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Hal ini disebabkan oleh sifat abstrak dari konsep-konsep matematika, yang sulit dipahami oleh anak-anak pada tahap perkembangan kognitif konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat dan mengidentifikasi miskonsepsi yang sering terjadi selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah kajian literatur, dengan melibatkan beberapa jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan signifikan dalam memahami konsep bilangan, baik bilangan bulat maupun pecahan, yang mencakup aspek teknis perhitungan dan konseptual. Kesulitan ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman terhadap urutan operasi, serta kebingungan dalam membedakan tanda positif dan negatif. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang inovatif dan adaptif, termasuk penggunaan media konkret, pendekatan kontekstual, dan metode pembelajaran yang menarik. Dengan demikian, diharapkan siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga dapat mengaplikasikan konsep bilangan dalam kehidupan sehari-hari.References
Agustyaningrum, N., & Paskalia, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget Dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika.
Anggraeni, T. S., Muryaningsih, S., & Ernawati, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Dewi, N. K., Untu, Z., & Dimpudus, A. (2020). Analisis kesulitan menyelesaikan soal matematika materi operasi hitung bilangan pecahan siswa kelas VII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 61–70.
Hutagalung, N. T., Nadapdap, S., Aruan, P. A., Nainggolan, T. A. J., Mailani, E., & Rarastika, N. (2024). Analisis kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami materi bilangan pecahan. Sindoro Cendekia Pendidikan, 10(1), 1–12.
Khotimah, S. H., & As’ad, M. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 491–498.
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Ratnasari, C., Sariningsih, R., & Hendriana, H. (2023). Analisis kesulitan siswa kelas VII pada materi bilangan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(6), 2195–2206.
Rafiah, H. (2020). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam memahami konsep matematika. Elementa: Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 2(2), 335–343.
Sudjana, N., & Ahmad, R. (2007). Teknologi Pengajaran.
Sugiyono, 2010. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 295.
Maswar, M. (2019). Strategi Pembelajaran Matematika Menyenangkan Siswa (Mms) Berbasis Metode Permainan Mathemagic, Teka-Teki Dan Cerita Matematis. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2019.v1i1.28-43
Suherman, E. (2003). Refleksi Pendidikan di Indonesia. Educare, 2(1), 52–57.
Adilah Nurazani, Dkk (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP DASAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI SDN 200512 SALAMBUE. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu. Volume 8. No 12
Eren Unaenah, Dkk. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DENGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF UNTUK MEMINIMALISIR MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 2, No 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhea Ananda Br Barus, Habibah Rusly Elly, Siti Afiqa Rahmah Manik, Tania Eviana, Syahrial, Doni Irawan Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.Penulis.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).