Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Langsa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui 1) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 2) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 3) Interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 4) Interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatyan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik undian, dimanan kelas VII.2A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir krtitis dan angket karakter siswa. Untuk pengujian hipotesis digunakan Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 2) Terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan KAM terhadap karakter siswa kelas VII SMP Negeri 3 Langsa
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis, Karakter Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.32030
Article Metrics
Abstract view : 293 timesPDF - 197 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By: Study Program of Mathematics Education Postgraduate Program of UNIMED This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License | Visit us at: |