Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Dimensi Tiga

Kiki Franselaa, Edi Syahputra, Humuntal Banjarnahor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada materi Dimensi Tiga yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4 – D Thiagarajan dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas XI RPL 1 dan 15 orang siswa/i XI RPL 2 SMK PAB 2 Helvetia. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada materi Dimensi Tiga. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator ahli media dan ahli materi dengan nilai rata-rata total sebesar 3,64 (kategori ‘Sangat Valid’) dan 3,34 (kategori ‘Sangat Valid’). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor skor angket guru dan siswa dimana pada uji coba II yaitu sebesar 0,875 (kategori ‘Sangat Praktis) dan 0,889 (kategori ‘Sangat Praktis’). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari tiga aspek yaitu ketuntasan klasikal, respon siswa serta pencapaian waktu pembelajaran. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 93,3% (14 siswa). Rata-rata respon siswa 88% (kategori ‘Positif’) pada uji coba II. Pencapaian waktu pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran waktu biasa. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan kriteria ‘sedang’ dengan skor 0,53 (0,3<g<0,7). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Macromedia Flash yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa pada materi Dimensi Tiga. 

Full Text:

PDF

References


Alias. M, Black, T. R. & Gray D. E. (2002). ―Effect Of Instruction On Spatial Visualization Ability In Civil Engineering Students‖ Dalam International Education Journal. Vol. 3, No. 1, 1-12

Arianto, Fuad Dan Hernadi, Julan. (2016). Ruang Dasar

Asis, M. Arsyad, N & Alimuddin. (2015). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Daya Matematis. Vol. 3, No. 1, 78-87.

Ayunda, T.R. (2019). Understanding Photosynthesis Videos: Students’ Visualspatial Ability And Cognitive Activities In Senior High School dan Model Proyeksi Stereografik Pada Geometri Hiperbolik. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, Vol. 1, No.2. 41- 47 Issn: 2527-6182.

Franselaa, Kiki, (2019). Analisis Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Pab 2 Helvetia Deli Serdang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Seminar Matematika Dan Terapan. Vol 2. No. 5, 177 – 180. Isbn: 978-623-90997-2-5

Handayani, T.W, Syahputra. E, Dan Mulyono (2019). Media Development Model-Based Learning Detection Assisted Guided Macromedia Flash For Improving The Visual Thinking Ability Student Smp. Journal Of Education And Practice. Vol.10, No.20. 61 – 67.

Hannafin, R. D., Truxaw, M. P., Vermillion, J. R., & Liu, Y. (2008). Effects Of Spatial Ability And Instructional Program On Geometry Achievement. The Journal Of Educational Research, Vol 101. No. 3. 148−157.

Johansson, Helena (2015) ―Mathematical Reasoning In Physics And Real-Life Context‖. Thesis Division Of Mathematics Department Of Mathematical Sciences Chalmers University Of Technology And University Of Gothenburg Gothenburg, Sweden. Isbn 978-91-628-9431-3 (Printed) Isbn 978-91628-9432-0 (Online))

Juhara, W. A. (2014). Implementasi Pendekatan Problem Based Learning Berbantuan 3d Sketchup Untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Sense Siswa Sma. Universitas Pendidikan Indonesia

Liberna, Hawa. (2018). The Influence Of Macromedia Flash Learning On The Students’ Mathematic Concept Understanding. Jurnal Of Mathematics Education(Jme). Vol 3. No. 1. 1-6.

Narpila, S. D. (2015). Peningkatan Kemampuan Spasial Dan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Inquiry Berbantuan Software Cabri 3d Di Kelas X Sma Ypk Medan. Tesis Tidak Diterbitkan. Medan : Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2015.

Nasution, Nurliyah. Sinaga, Bornok. Dan Mukhtar. (2019). Developing Learning Media Assisted-Flash Macromedia Software By Applying Discovery Model To Improve Students’ Concept And Self Regulated Learning On Senior High School. American Journal Of Educational Research, , Vol. 7, No. 2, 161-165.

National Academy Of Science. 2006. Learning To Think Spatially, Washington Dc: The National Academics Press.

NCTM 2000 Learning And Teaching Geometry, K-12 (Rseton, Virginia: National Council Of Teachers Of Mathematics).

Peng, A. & Sollervall, H. (2014). Primary School Students’ Spatial Orientation Strategies In An Outdoor Learning Activity Supported By Mobile Technologies. International Journal Of Education In Mathematics, Science And Technology, Vol. 2. No 4, 246–256

Putri, Jihan Hidayah, Edi Syahputra, dan Mulyono. (2019). Developing Mathematics Learning Media Based On Macromedia Flash By Using Problem-Based Learning To Improve Students’ Mathematical Spatial Ability. American Journal Of Educational Research, Vol. 7, No. 10, 708-712

Salim, Kalbin, Dan Tiawa, Dayang Hjh. (2014). Development Of Media-Based Learning Animation For Mathematics Courses In Electrical Engineering, University Riau Kepulauan. International Journal Of Advanced Research In Computer And Communication Engineering. Vol. 3, Issue 10.

Sholihah, S. Z & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa. Vol. 6, No. 2, 287-298.

Sinurat, M. Syahputera. E Dan Rajagukguk,W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Emingkatkan Kemampuan Matematik Siswa Smp. Jurnal Tabularasa.(Online), Vol 12, No. 2. Issn 1693 – 7732.

Sumartini, Tina Sari. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Musharafah, Volume 5, ISSN: 2086 4280

Syahputra, E. 2013. Peningkatan Kemampuan Spasial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik. Cakrawala Pendidikan. Th. XxXI, No. 3:353-364.

Tamba, M. (2011). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Medan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Trianto, A(2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta.KencanaUntuk meningkatkan kemampuan Spatial Sense Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia

Yurt, E. (2014). Sekizinci Sınıf Öğrencilerinin Matematik Başarılarını Açıklayan Bir Yapısal Eşitlik Modeli [A Structural Equation Model Explaining The Mathematics Achievements Of The 8th Grade Students] (Doctoral Dissertation, Necmettin Erbakan University, Konya, Turkey). Retrieved From Http://Tez2.Yok.Gov.Tr/Ulusaltezmerkezi/

Yurt, Eyüp Dan Tünkler, Vural, 2016. A Study On The Spatial Abilities Of Prospective Social Studies Teachers: A Mixed Met. Educational Sciences: Theory & Practice. Vol 16. No 3. 965-986.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.32096

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at:


slot gacor slot