Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Rizka Nurlina Damanik, Bornok Sinaga, E. Elvis Napitupulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis besar pengaruh (effect size) dari ragam model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (2) Untuk menganalisis model pembelajaran yang dikatakan terbaik untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; (3) Untuk menganalisis metaanalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan studi-studi yang telah ada mengenai pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode metaanalisis sebagai suatu teknik untuk menggabungkan beberapa hasil penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis dari 16 studi, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa: (1)Besar pengaruh ragam model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa tergolong kuat dengan besar 0.455; (2) Studi yang memiliki effect size tertinggi ialah penelitian yang menerapkan Model Project Based Learning dengan nilai effect size sebesar 0.875; (3) Metaanalisis dari 16 studi heterogen dengan besar (Q=50.929; p<0.001) serta tidak terdapat bias publikasi pada studi metaanalisis yang dilakukan dengan nilai p-value ≥ 0.05 pada tes Regression Test for Funnel Plot Asymmetry.

 

Kata Kunci: Metaanalisis, model pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif matematis.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i2.32365

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: