Identifikasi Kesalahan dalam Asesmen Metode Numerik

Anton Jaelani, Lukmanul Akhsani

Abstract


Metode numerik merupakan mata kuliah wajib pada program studi pendidikan matematika. Identifikasi hasil asesmen metode numerik diperlukan sebagai refernsi penting untuk memperbaiki pembelajaran di waktu yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa dalam menjawab soal-soal metode numerik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek dipilih dengan cara purposive sampling. Data diambil dengan data tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisisnya menggunakan triangulasi, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan tersebut adalah tidak memahami materi, jawaban tidak lengkap, tidak menuliskan dengan benar, kesalahan dalam menerapkan rumus, kesalahan penghitungan, kesalahan penentuan selang terpilih, kesalahan menghitung, dan kesalahan input data. Selain itu, mahasiswa juga rawan dalam melakukan kesalahan penghitungan pada akhir-akhir iterasi.

Full Text:

PDF

References


Aminah, S. 2018. Development of blended learning model in numerical method course. International Journal on Teaching and Learning Mathematics. 2018, Vol. 1, No. 2, pp. 66-75.

Fahlevi, M. S. & Zanthy, L. S. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Bangun Ruang Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 4, No. 3, Mei 2021.

Farida, N. 2015. Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma. Vol. 4, No. 2 (2015) 42-52.

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., Zumeira, A. F. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika P. Matematika. Volume 8. No 1. Maret 2021.

Guce, I. K. 2017. Mathematical Writing Errors in Expository Writings of College Mathematics Students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol.6, No.3, September 2017, pp. 233~242.

Husna, A. & Himmi, N. 2021. Analysis of Mathematics Education Students' Errors in Solving Limit Function Problems. Indonesian Journal of Mathematics Education. Vol. 4, No. 1, April 2021, pp: 23~30.

Nolting, P. D. 2012. Math Study Skills Workbook, Fourth Edition. Brook/Cole: Cengage Learning.

Ratnasari. 2018. Students’ Errors and Misconceptions about Operations of Fractions in an Indonesian Primary School. Southeast Asian Mathematics Education Journal 2018, Vol.8 No.1.

Syahril, R. F. & Kartini. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Barisan dan Deret di Kelas XI SMA/MA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 05, No. 03, November 2021, pp. 2816-2825.

Ulpa, F., Maharani, S. A., Marifah, S., Ratnaningsih, N. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Teori Nolting. SQUARE : Journal of Mathematics and Mathematics Education. Volume 3, No. 2, 2021, pp. 67-80.

Zulhendri, Fauzan, A., Arnawa, M., Musdi, E., Yerizon. 2022. Analysis Of Mathematics Student Error To Solve Problems Of Linear Programs. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS). Volume 1, Number 5, April 2022, Page. 774 – 780.




DOI: https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i2.40512

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published By:
Study Program of Mathematics Education
Postgraduate Program of UNIMED

 
Visit us at: