Development of Learning Tools Based on Geogebra-Assisted Inquiry Learning Models to Improve Students' Mathematical Reasoning Abilities
DOI:
https://doi.org/10.24114/paradikma.v17i2.62156Abstract
The Geogebra-assisted inquiry learning paradigm was created to increase students' mathematical thinking. This research will identify the learning device. This is development research. This study will be done in SMA Negeri 1 Gebang, Jl. Diponogoro, Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Kab. Langkat, North Sumatra 20856. The research found: 1) The device is valid. 2) The device developed is practical with an average value of 3.07 (category "Medium") and 4.04 (category "High"); 3) it is effective because (a) the final test of students' Mathematical Reasoning abilities was 52% with 21 students (58.33%) declared complete and trial II 30 students (83.34%). (b) Trial I's student response questionnaire score was 89% and trial II's 95%. 4) Students' mathematical thinking improved with a 0.28 score (0.3 < g≤0.7) in trial 1 and a 0.67 score (0.3 < N-Gain ≤0.7) in trial II, meeting the "moderate" criterion.References
M. Mohaghegh, M., & McCauley, œComputational Thinking: The Skill Set of the 21st Century, Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 7(3), pp. 1524“1530, 2016.
I. Lestari, œPengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Memanfaatkan Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, GAUSS J. Pendidik. Mat., vol. 1 (1), pp. 23“26, 2018.
F. M. Fatoni, œPengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan kelaskita Berbantuan Software Geogebra pada materi Perasmaan Kuadrat, J. Educ. Pract., vol. 8 (2), 2018.
K. Devina, P., Suanto, E., œPengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Tingkat Tinggi Model Problem Based Learning Materi Peluang Kelas VIII SMP, J. Gantang, vol. 6(1), pp. 61“73, 2021.
E. R. Fitri, œPengembangan LKPD Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Di SMKN 2, J. Pendidik. Adm. Perkantoran, vol. 9 (2), p. 281, 2020.
I. A. Alifia, N. N., Rakhmawati, œKajian Kemampuan Self-efficacy Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika, J. Elektron. Pembelajaran Mat., vol. 5 (1), pp. 44“54, 2018.
A. Nurrahman, Pengembangan LKPD dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Lampung: Universitas Lampung, 2017.
M. E, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset., 2016.
I. Islahiyah, H. Pujiastuti, and A. Mutaqin, œPengembangan E-Modul Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., 2021, doi: 10.24127/ajpm.v10i4.3908.
E. W. Wulansari, S. Kantun, and P. Suharso, œPENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI PASAR MODAL UNTUK SISWA KELAS XI IPS MAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017, J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., 2018, doi: 10.19184/jpe.v12i1.6463.
A. Yuwono, Profil Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Surakarta: Thesis PPs Universitas Sebelas Maret, 2016.
A. Ibrahim, Metodologi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu., 2018.
Daryanto., Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media., 2016.
Y. Anggraena., PISA 2021 dan Computational Thinking (CT). Modul Pembelajaran. Jakarta: Koordinator Pengembangan Kurikulum., 2021.
I. W. Saniyyah, F., & Triyana, œAnalisis Penalaran Adaptif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotient, Dwija Cendekia J. Ris. Pedagog., vol. 59(4), 2021.
E. Windi, Perkasa, Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMP Negeri 3 Ingin Jaya. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar “ Raniry, 2019.
Russefendi, Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito., 2006.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
N. Akker, J. V. D. Gravemeijer, K. McKenney, S. & Nieveen, Introducing Educational Design Research. London and New York: Routledge, 2013.
M. Annisah., œPengembangan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Budaya Batak Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa, J. Pendidik. Fis., vol. 01, 2012.
A. M. Marselina, Vince, œPengembangan Buku Digital Interaktif Matematika Pada Materi Geometri, J. Inov. Teknol. Pendidikan, vol. 6 (2), p. 206, 2019.
 
						 
							




