Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Bagi Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Galang

Rafika Dhani

Abstract


Dalam rangka peningkatan hasil belajar dengan pendekatan pembelajaran
efektif, efisien, dan terpadu disesuaikan dengan proses dan kemampuan siswa
diantaranya dengan mengadopsi model pembelajaran Metode Diskusi. Hipotesis
tindakan dalam penelitian yang dilaksanakan siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Galang
Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah melalui metode diskusi kemampuan siswa dalam
pembelajaran IPA Terpadu hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Pada siklus ke 2,
secara garis besar semua aspek penilaian yang berhubungan dengan minat belajar
siswa terhadap materi ajar mengidentifikasi sistem pernafasan manusia dengan
penggunaan pembelajaran metode diskusi mengalami peningkatan. Pernyataan siswa
“Sangat Tidak Setuju “ tentang metode pembelajaran ini tidak ada lagi yang dipilih
oleh siswa. Secara umum, siswa yang menyatakan “Sangat Setuju” meningkat
jumlahnya dibandingkan dengan siklus pertama dengan semua aspek penilaian
tentang penggunaan model pembelajaran ini. Hasil penelitian tindakan kelas ini
membuktikan pada siklus kedua, persentase ketuntasan belajar mengalami
peningkatan. Dari 35 siswa, pada siklus pertama ada 30 siswa yang termasuk dalam
kategori sudah “Tuntas Belajar” dan pada siklus kedua mengalami peningkatan yaitu
menjadi 33 siswa (94,28 %). Sehingga pada siklus kedua ini persentase kelulusan
siswa sudah mencapai 94,28 %, artinya metode diskusi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia pada kelas VIII-B SMP Negeri 2
Galang Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Kata kunci : Pembelajaran Metode Diskusi, Hasil Belajar IPA Terpadu

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.3988

Article Metrics

Abstract view : 322 times
PDF - 397 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217