Perbedaan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dan Numbered Head Together (NHT) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA NEGERI 6 MEDAN T.P 2014/2015

Febrina Sinaga, Erlintan Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada
pembelajaran biologi dengan model kooperatif tipe Make A Match (MaM) dan Numbered
Head Together (NHT) di kelas X SMA Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan 11 Mei 2015. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA
Negeri 6 Medan dengan jumlah siswa 254 orang. Dimana kelas X-1 sebagai kelas dengan
model MaM, dan kelas X-3 sebagai kelas dengan model NHT. Hasil belajar menggunakan
model MaM dengan nilai rata-rata 88,38 ± 5,67 sedangkan model NHT dengan nilai ratarata
80,27 ± 7.448. Untuk aktivitas siswa di kelas MaM dan di kelas NHT menunjukkan
perbedaan yaitu: aktivitas melihat 88,3% pada kelas MaM dan 86% pada kelas NHT,
aktivitas menulis 68% pada kelas MaM dan 57% pada kelas NHT, aktivitas membaca 76%
pada kelas MaM dan 74,8 pada kelas NHT, aktivitas berfikir 68% pada kelas MaM dan 67%
pada NHT. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas
belajar siswa yang diajar yaitu dengan model pembelajaran MaM dengan nilai 88,38 ± 5,67
dan model NHT dengan nilai 80,27 ± 7.448 pada materi pokok Pencemaran Lingkungan di
kelas X Semester II SMA Negeri 6 T.P 2014/2015.
Kata Kunci : Hasil Belajar, aktivitas siswa, Numbered Head Together (NHT) dan Make
Match(MaM)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v3i4.3995

Article Metrics

Abstract view : 109 times
PDF - 387 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Jurnal Pelita Pendidikan by Department of Biology Education, Faculty of Mathematics and Science, Universitas Negeri Medan. This journal is published under the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License. p-ISSN (Print) 2338-3003 | e-ISSN (Online) 2502-3217